Bayar Pajak Kendaraan Berhadiah, Ini Jadwal Samsat Keliling di Boyolali

Pelayanan Samsat keliling. (Solopos/Dok)
07 September 2018 15:35 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI—Pemilik kendaraan bermotor yang terdaftar di Jawa Tengah (Jateng) kini bisa membayar pajak lebih awal yakni hingga 60 hari sebelum jatuh tempo. Wajib pajak yang membayar pajak sebelum jatuh tempo ini berkesempatan lebih besar mendapat hadiah undian dalam Gebyar Hadiah Undian yang diselenggarakan Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Jateng.

Kasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Samsat Boyolali, Siswanto mengatakan, kemudahan membayar pajak jauh sebelum jatuh tempo ini dimaksudkan untuk menggenjot pendapatan daerah, khususnya yang berasal dari pajak kendaraan bermotor (PKB). “Dalam rangka menggenjot pendapatan khususnya PKB, sekarang bisa bayar pajak dua bulan atau 60 hari sebelum jatuh tempo,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Kamis (6/9/2018).

Wajib pajak ini selain dimudahkan dengan fasilitas tersebut juga berkesempatan memperoleh hadiah undian dalam program Gebyar Hadiah Samsat yang berhadiah 1 (satu) unit mobil Toyota Kijang Innova, 47 sepeda motor, televisi dan lainnya. Bahkan pembayar pajak yang lebih awal ini lebih besar kesempatannya memperoleh hadiah dibandingkan dengan pembayar pajak tepat waktu atau terlambat.

Bagi pembayar PKB sebelum jatuh tempo akan mendapat 3 kupon, pembayar tepat waktu 2 kupon, dan pembayar terlambat 1 kupon. “Jadi yang membayar sebelum jatuh tempo ini kesempatannya lebih besar,” kata dia. Kupon undian ini tidak diberikan dalam bentuk fisik, namun akan diberikan secara otomatis di dalam sistem Samsat.

Undian berlaku bagi pembayar pajak pada periode 2 Januari-31 Oktober. Ini juga berarti pemilik kendaraan yang jatuh temponya 31 Desember dan pajaknya dibayarkan 60 hari sebelumnya/31 Oktober mereka berhak mendapat kupon dan memiliki kesempatan memperoleh hadiah undian.

Sementara itu, di Boyolali pembayaran pajak bisa dilakukan dengan lebih mudah selain melalui kantor utama, juga melalui Samsat Keliling, Samsat Siaga, Samsat Cepat, dan aplikasi Sakpole lewat ponsel.  Samsat keliling pada hari Senin membuka layanan di Kecamatan Karanggede, Selasa di Klego, Rabu di Simo, Kamis di Ngemplak, Jumat di Andong, dan Sabtu di Ampel. Sedangkan Samsat Siaga Senin ada di Juwangi, Selasa di Banyudono, Rabu di Sawit, Kamis Nogosari, Jumat di Cepogo, Sabtu di Musuk dan pabrik PT Hanil.