Kantongi Izin Polisi, Jalan Sehat Umat Islam Solo Pindah dari Kota Barat ke Gladak

Pemberitahuan Jalan Sehat Umat Islam Solo pindah lokasi ke Gladag. (Istimewa)
08 September 2018 11:00 WIB Rohmah Ermawati Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Panitia Jalan Sehat Umat Islam dan Masyarakat Solo memindahkan start dan finis kegiatan tersebut dari depan Masjid Kota Barat di Jl. dr. Moewardi, Laweyan, ke Bundaran Gladag, Pasar Kliwon, Solo.

Panitia mengklaim telah mendapatkan izin dari kepolisian untuk melaksanakan agenda itu.

Berdasarkan pers rilis panitia jalan sehat yang beredar via media sosial, Sabtu (8/9/2018), kegiatan jalan sehat yang bakal digelar Minggu (9/9/2018) padi telah mengantongi izin Polresta Surakarta yang tertera dalam surat bernomor S1163/lX/YAN2.1/2018/Resta Ska tanggal 7 September 2018 yang ditandatangani Kapolresta Surakarta Kombespol Ribut Hari Wibowo.

Surat itu menerangkan bahwa acara Jalan Sehat Warga Solo pada hari Ahad, 9 September 2018, dengan rute  Gladak - BI - Mangkunegaran - Keprabon - Gladak bisa diselenggarakan.

"Hasil koordinasi panitia dengan Kapolresta yang telah dikonsultasikan dengan Dr. Muinnudinillah Basri, M.A. selaku  Ketua Dewan Syariah Kota Surakarta
(DSKS) dengan segala pertimbangan yang ada diputuskan start dan finis yang semula di depan Masjid Kota Barat dipindah ke Gladak," demikian pers rilis tersebut yang dikonfirmasi oleh panitia jalan sehat umat Islam, Endro Sudarsono, saat dihubungi solopos.com, Sabtu.

Endro menegaskan pihaknya berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan jalan sehat Minggu pagi pukul 06.00 WIB yang diproyeksikan dihadiri ribuan orang itu.

Menurut Endro Sudarsono, panitia tidak menentukan dresscode tertentu untuk dipakai peserta jalan sehat. Namun pihaknya mengimbau peserta tidak mengenakan atribut apa pun terkait gerakan #2019gantipresiden atau #2019duaperiode.

"Apalagi atribut #2019prabowopresiden atau #2019jokowiduaperiode itu terlarang karena ini belum memasuki masa kampanye," ungkap dia.

Ditanya soal kehadiran Neno Warisman dalam agenda jalan sehat besok pagi sebagaimana direncanakan panitia, Endro menjawab singkat.

"Kami sampaikan besok," kata dia.

Pada bagian lain, Kasubaghumas Polresta Surakarta/Solo, AKP Yuliantara, membenarkan terkait keluarnya izin pelaksanaan jalan sehat umat Islam di Solo.

"Sudah ada izin untuk besok [jalan sehat]. Untuk hari Minggu ada kegiatan sepeda onthel di Manahan, jalan sehat, sama peringatan Haornas di Kota Barat," ungkap Yuliantara saat dihubungi solopos.com.

Dia menambahkan para personel Polri siap menjaga keamanan terkait pelaksanaan ketiga acara tersebut.