Kapolresta Solo Tegaskan Semua Agenda Haornas Besok Harus Bersih dari Politik

Kapolresta Solo Kombes Pol Ribut Hari Wibowo (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
08 September 2018 16:00 WIB Arif Fajar Setiadi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Polri dan TNI menggelar apel pengamanan kegiatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di lapangan Kota Barat, Solo, Sabtu (8/9/2018). Apel dipimpin Kapolresta Surakarta/Solo Kombes Pol Ribut Hari Wibowo bersama Dandim Solo, Letkol (Inf) Ali Akhwan.

Kapolresta Solo dalam pengarahannya meminta masing-masing anggota pengamanan dan pengendalian harus memahami tugas dan tanggung jawabnya.
Dia mengatakan petugas yang berjaga tidak membawa senjata.

"Kami tekankan pengamanan dilakukan secara humanis dan simpatik. Jangan sampai ada tindakan polri yang bisa dipolitisisasi menjadi konsumsi yang tidak bagus bagi  tugas polri," ujar Kapolresta Solo.

Menurut Kapolresta, memperingati Haornas Minggu (9/9/2018) di wilayah hukum Polresta Solo ada beberapa kegiatan besar. Yakni Porwaso di Kota Barat, gowes bersama di Manahan, jalan sehat umat Islam di Gladak, kegiatan car free day, dan perayaan serta lomba di masing-masing kecamatan.

"Apel pengamanan ini di-backup Polda Jateng dan polres se- Soloraya agar kegiatan besok bisa berjalan lancar dan aman. Ada 2.300 personel diterjunkan untuk pengamanan besok," jelas Kapolresta Solo didampingi Dandim Solo kepada wartawan, seusai apel pengamanan, Sabtu.

Kapolresta Solo mempersilakan masyarakat  Soloraya yang ingin merayakan Haornas datang ke Solo. Mengenai kegiatan jalan sehat di Gladak, Kapolresta Solo mengatakan semua sudah sesuai ketentuan. 

"Untuk kegiatan di Gladak, jalan sehat, Sudah sesuai ketentuan PP No. 60 tahun 2017 dan sudah kita proses artinya kita wajib memberikan pengamanan. Semua sudah ada izinnya," terang Kapolresta Solo.

Mengenai pemindahan lokasi. Menurut Kapolresta Solo, pada prinsipnya kegiatan yang dilaksanakan di Solo supaya tidak overload di Kota Barat, Gladak, Manahan, dan CFD. 

"Semua kegiatan harus bersih dari kegiatan politik, tidak boleh menjurus SARA, dan menebar kebencian, Ini Haornas mari kita rayakan dengan guyub dan rukun sehingga masyarakat bisa menikmati dengan sebaik baiknya," ujarnya.

Mengenai rencana kehadiran Ahmad Dani dan Neno Warisman pada acara jalan sehat, Kapolres, mengatakan polri siap memberikan pengamanan yang maksimal kepada masyarakat yang datang ke Kota Solo.