Dilepas Gubernur, Kirab Atlet Asian Games Jateng di Solo Meriah

Atlet panjat tebing Aries Susanti melambaikan tangan dari kereta kencana saat kirab atlet di Solo, Minggu (9/9 - 2018). (Solopos/Hanifah Kusumastuti)
09 September 2018 09:20 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Ribuan peserta mengikuti Pekan Olahraga Warga Solo (Porwaso) dan kirab atlet memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 di Lapangan Kota Barat, Minggu (9/9/2018).

Kegiatan tersebut dibuka dengan atraksi kempo kemudian dilanjutkan apel pagi dipimpin Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo dan dibuka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Gubernur membuka acara dengan pemukulan bola kasti. Selain jalan sehat dan kirab atlet Asian Games, berbagai pertandingan digelar, seperti tarik tambang, gobak sodor dan pertandingan lain.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan Powarso merupakan kegiatan yang sudah diagendakan Pemkot sejak tahun lalu. Kegiatan ini pun sudah sudah dianggarkan Pemkot di APBD 2018.

"Powarso ini diikuti oleh masyarakat dari lima kecamatan di Solo," katanya.

Selain dihadiri Gubernur Jateng, Powarso juga dihadiri Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, serta sejumlah pejabat lainnya. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo Joni Hari Sumantri mengatakan Kota Solo menjadi tuan rumah penyambutan atlet Jawa Tengah yang bertanding di Asian Games 2018.

"Ada 59 atlet dan sembilan pelatih dari Jawa Tengah yang kemarin berjuang di Asian Games, maka dibarengkan dengan Hari Olahraga Nasional, Solo dipercaya untuk melakukan upacara penyambutan," katanya.

Kegiatan penyambutan dimulai dengan apel peringatan Haornas di Lapangan Kota Barat. Setelah itu atlet dan pelatih menaiki kereta kencana dan andong untuk berkeliling menyapa warga di Car Free Day (CFD) di Jl. Slamet Riyadi.

Secara keseluruhan ada 7.900 orang yang mengikuti kegiatan tersebut. Rute kirab berjalan dari Lapangan Kota Barat kemudian melalui CFD Jl. Slamet Riyadi menuju simpang empat Novotel. Dilanjutkan Monumen Pers Nasional dan kembali ke Lapangan Kota Barat.

Dia mengatakan penyambutan tersebut merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan Kota Solo atas perjuangan atlet membela Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Beberapa nama atlet peraih emas dari Jawa Tengah hadir, seperti Aries Susanti Rahayu, yakni atlet cabang olahraga Panjat Tebing asal Kabupaten Grobogan yang membawa pulang 2 medali emas.

Sementara Kota Solo menyumbang satu perak lewat Alfian M. Fajri yang berlaga di panjat tebing speed beregu putra. "Hari ini ada 20 atlet Jawa Tengah yang hadir. Mereka dikirab menggunakan kereta kencana dan andong," kata Hari.