Dapur SMA Muhammadiyah 1 Wonogiri Terbakar, Puluhan Meja-Kursi Ludes

ilustrasi kebakaran. (Solopos/Whisnu Paksa)
10 September 2018 19:43 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Dapur SMA Muhammadiyah 1 Wonogiri, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, pada sekitar pukul 16.00 WIB. Api membakar puluhan kursi, meja, dan beberapa peralatan sekolah lainnya yang tersimpan di dapur.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di lokasi kejadian, lokasi api diketahui oleh beberapa warga sekitar dan pegawai Kantor Kejaksaan Negeri Wonogiri yang mencium aroma api mengingat lokasi kebakaran berdekatan dengan Kantor Kejaksaan Negeri Wonogiri.

Setelah dilakukan pengecekan, api diketahui berada di dapur dalam kondisi yang besar. Warga dan pegawai Kajari Wonogiri lantas mencoba masuk untuk memadamkan api namun gerbang sekolah dalam keadaan terkunci. Lantas, warga terpaksa merusak kunci gerbang untuk masuk dan memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam kebakaran Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sembari memanggil petugas pemadam kebakaran.

Tak selang berapa lama, sejumlah dua mobil pemadam bergerak cepat memadamkan api dalam waktu kurang dari 30 menit. Ketua Majelis Dikdasmen PDM Wonogiri, Subandi, saat ditemui Solopos.com di lokasi mengatakan kerugian mencapai Rp10juta karena seluruh dapur ludes terbakar. Selain itu, material bangunan untuk pembangunan gedung  juga ikut terbakar.

Pihaknya belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran. "Saat kejadian bangunan sekolah yang meliputi SMA Muhammadiyah 1 Wonogiri dan SMP Muhammadiyah 8 Wonogiri ini dalam kondisi kosong sehingga gerbang terkunci," ujarnya.

Subandi menambahkan tiga puluh menit sebelum kejadian kebakaran, karyawan SMA Muhammadiyah 1 keluar dan mengunci gerbang. Belum ada dugaan darimana api berasal dikarenakan tidak ada saluran listrik. Terkait dengan dugaan pai yang berasal kompor gas pihaknya belum dapat memastikan karena kompor dan tabung gas dalam keadaan utuh.

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar dapur SMA Muhammadiyah 1 Wonogiri, Senin (10/9/2018) sore. (Solopos- Ichsan Kholif Rahman)

Tokopedia