Pemilihan Legislatif Solo: 2 Bacaleg Partai Hanura Mundur

Ilustrasi caleg. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
11 September 2018 15:15 WIB Ivan Andimuhtarom Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Dua bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Partai Hanura Solo mengundurkan diri sebelum bertarung dalam Pemilu Legislatif Kota Solo 2019.

Alasan mereka mundur karena pindah domisili ke luar Kota Solo. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Nurul Sutarti, mengatakan saat ini tahapan Pemilu 2019 adalah verifikasi pengganti Daftar Caleg Sementara (DCS).

Sementara Daftar Caleg Tetap (DCT) Pemilu DPRD Kota Solo 2019 bakal disusun 14-20 September 2018. Ia menginformasikan dinamika yang terjadi selama masa pengumuman DCS hingga penggantian antara lain adalah masuknya satu caleg Partai Nasdem atas nama Hudzaifah setelah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo membikin keputusan pascamediasi KPU Solo dengan Partai Nasdem.

Lalu, ada pengunduran diri bacaleg Partai Hanura. "Saya belum mempelajari karena ini masih dinas luar kota di Magelang," ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (11/9/2018).

Sekretaris DPC Partai Hanura Solo, Aries Munandar, mengatakan ada dua bacaleg yang mundur. Pertama, caleg atas nama Nur Malita Sari Mawarni. Nur Malita berada di nomor urut 4 di Daerah Pemilihan (Dapil) V Jebres.

Aries mengungkapkan Nur Malita mundur karena akan pindah ke Jepara. Ada urusan pekerjaan sehingga caleg itu lebih memilih mundur.

Bacaleg kedua dari Hanura yang mundur adalah Yeni Rosmawati, caleg nomor urut 7 Dapil IV Banjarsari. Aries menjelaskan Yeni mundur karena mengikuti suami yang pindah tugas ke Jakarta.

"Katanya, daripada tidak maksimal, dia memilih mundur," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Aries yang juga caleg Partai Hanura di Dapil 2 Laweyan mengatakan mundurnya dua bacaleg itu tak berpengaruh besar pada proyeksi pencapaian suara Partai Hanura. Dia sudah mengalkulasi, termasuk para caleg petarung.

"Mundurnya dua caleg itu tak bisa digantikan karena kuota perempuan masih terpenuhi. Kami yakin hal itu tak banyak berpengaruh pada hasil Pemilu 2019," kata dia.

Mundurnya dua caleg Hanura tersebut membuat jumlah caleg yang kemungkinan bertarung dalam pemilihan anggota DPRD Kota Solo 2019 berjumlah 369 orang.



Tokopedia