BCA Kumpulkan UMKM Soloraya Bahas Ekonomi Digital

Pelaku UMKM mengikuti workshop yang digelar BCA di Novotel Solo, Kamis (13/9 - 2018). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
13 September 2018 19:23 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO--PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Soloraya untuk terus berkembang. BCA berupaya memperkenalkan strategi pengembangan usaha kepada para pelaku UMKM.

Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Solo Veteran, Victor Sentosa, mengatakan ada beragam tantangan bagi UMKM ke depan, salah satunya dalam menghadapi era digital. Untuk itu BCA melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) berupaya memfasilitasi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Melalui workshop dengan tema Satu Peluang Sejuta Kebahagiaan di Hotel Novotel Solo, Kamis (13/9/2018), BCA mengajak sekitar 100 pelaku usaha dan nasabah BCA untuk menggali informasi dari para narasumber serta bisa saling bertukar pengalaman dari pelaku usaha lainnya yang telah suskes menjalankan usaha mereka.

Salah satu tema yang dibahas pada workshop tersebut di antaranya tentang ekonomi digital, ekonomi secara global, digitalisasi dan dampaknya, keuntungan digital, dan sebagainya.
"Dalam kegiatan ini kami bekerja sama dengan BCA pusat dan Blibli.com sebagai grup perusahaan BCA. Diharapkan UMKM bisa meningkatkan usahanya. Pemasaran nantinya bisa bekerja sama dengan Blibli.com dan kami akan mendukung dari bidang perbankan," kata dia saat ditemui wartawan di Novotel, Kamis.

Workshop tersebut juga digelar dalam rangka menggarap potensi penyaluran kredit di sektor UMKM. Tahun ini rasio penyaluran kredit UMKM ditargetkan mencapai 20% dari total portofolio kredit BCA. Sedangkan per semester I tahun ini, kredit komersial serta UKM yang disalurkan BCA mencapai Rp174,8 triliun atau tumbuh 15,1% dari tahun lalu.

Vice President Pengembangan Bisnis Mikro BCA, Ade Bachtiar, mengatakan sejauh ini peran UMKM terhadap perekonomian Indonesia cukup besar. Untuk itu pemberdayaan UMKM harus terus ditingkatkan.

"Besar harapan kami melalui kegiatan ini bisa mendulang kontribusi BCA dalam pengembangan UMKM di Indonesia, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran, memerangi kemiskinan dan menciptakan produk-produk unggulan Indonesia," kata dia dalam rilisnya.