TKI Sragen: Bertahun-Tahun Kerja di Taiwan, Pulang Tinggal Nama

Ilustrasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). (Solopos/Dok)
13 September 2018 17:15 WIB Kurniawan Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Jenazah tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Dukuh Brumbung RT 012 Desa Karangasem, Tanon, Sragen, bernama Dodi, 30, yang meninggal dunia di Taiwan karena kecelakaan kerja tiba di rumah orang tuanya, Kamis (13/9/2018) sekitar pukul 01.30 WIB.

Jenazah Dodi lantas diserahkan oleh perwakilan PT Putra Bragas Mandiri kepada keluarganya. Penyerahan jenazah dilakukan dengan penandatanganan berita acara serah terima jenazah. Setelah itu dilakukan pengecekan kondisi jenazah oleh pihak-pihak terkait.

Selain menyerahkan jenazah Dodi, perwakilan PT Putra Bragas Mandiri juga menyerahkan barang-barang pribadi milik almarhum seperti paspor, uang Rp483.000, telepon seluler (ponsel), jam tangan, dompet, ID Card Taiwan, baju, celana, tas, dan sepatu.

Sedangkan sisa gaji Dodi senilai Rp11.318.400 dikirim ke nomor rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) atas nama Wulan Suhartini, istri almarhum. Tak hanya itu, PT Putra Bragas Mandiri menyerahkan uang santunan Rp5 juta ke nomor rekening Wulan Suhartini.

Semua proses itu disaksikan sejumlah pejabat setempat seperti Camat Tanon Suratman, Kapolsek Tanon AKP Heru Budiarto, Kasi Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Sragen Suyono, perwakilan PT Putra Bragas Mandiri Wonosobo, dan Kades Karangasem Indardi.

Sekitar pukul 02.40 WIB proses serah terima jenazah selesai, dilanjutkan pemakaman. Proses pemakaman diiringi sekitar 200 anggota keluarga, kerabat, dan tetangga.

"Sesuai permintaan keluarga, jenazah langsung dimakamkan," tutur Indardi.

Dia menjelaskan keluarga Dodi sudah mengiklaskan kepergian Dodi yang meninggal dunia pada 28 Agustus 2018 karena kecelakaan kerja di salah satu perusahaan operator kaca di Taiwan. Selama hidup Dodi dikenal sebagai pribadi yang ramah dan sayang keluarga.

Beberapa tahun lalu dia sempat menjadi TKI di Taiwan. Kala itu Dodi bekerja di Taiwan selama enam tahun. Tapi belum lama ini dia pulang ke Indonesia dan kembali berangkat ke Taiwan. Dalam keberangkatan kali terakhirnya itu dia berstatus warga Bojong, Depok, Jabar.