Dua Rumah Sakit di Wonogiri Sementara Tidak Layani BPJS, Mana Saja?

Logo BPJS Kesehatan
13 September 2018 18:30 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghentikan kerja sama dengan dua rumah sakit di Wonogiri, untuk sementara waktu. Kedua rumah sakit tersebut adalah RS Marga Husada dan RS Medika Mulya. Penghentian kerja sama karena izin operasional telah berakhir.

Verfikator Rumah Sakit BPJS Kesehatan Wonogiri, Wahyu Tunjung Setiawan, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya beberapa waktu lalu, mengatakan penghentian kerja sama berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Sejak tanggal 5 September 2018 penghentian kerja sama sudah usai sedangkan sejak 28 Maret 2018 izin operasional rumah sakit telah berakhir,” ujarnya.

Saat ini kedua rumah sakit sedang menyelesaikan izin operasional seperti persyaratan Hak Guna Bangunan (HGB) dan visitasi oleh Pemprov Jateng.

Masa berlaku kerja sama antara rumah sakit dengan BPJS Kesehatan yakni satu tahun dan diperpanjang setiap tahunnya. Menurutnya, aspek legalitas harus dipenuhi untuk bisa bekerja sama kembali.

Sosialisasi

Kepala Bidang Penunjang RS Marga Husada, Warsini, mengatakan saat ini pihak rumah sakit sedang berupaya melengkapi persyaratan kerja sama. 

Ia mengaku telah melakukan sosialisasi kepada pasien dan masyarakat karena lebih dari setengah dari jumlah pasien menggunakan BPJS Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri, Adhi Dharma, berharap proses perizinan segera selesai dan kerja sama dengan BPJS Kesehatan bisa dibuka lagi. Rumah sakit tersebut merupakan rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama.