Sabtu Malam Ada Pengajian Akbar, Jl. Jensud Solo Ditutup!

Ilustrasi pengajian. (Solopos/Dok)
14 September 2018 14:15 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Sekitar 5.000 orang diperkirakan akan mengikuti pengajian akbar, zikir, dan selawat bersama Habib Syech Abdulqodir Assegaf di Jl. Jenderal Sudirman depan Bank Indonesia (BI) Solo, Sabtu (15/9/2018) malam.

Jemaah pengajian tersebut diperkirakan tidak hanya dari Solo, melainkan juga luar daerah. Kegiatan tahunan ini dipastikan tidak ada unsur muatan politis, melainkan sebagai upaya menjalin tali silaturahmi sekaligus merajut persatuan dan kesatuan.

Selama kegiatan itu berlangsung, Pemkot Solo memberlakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas. Asisten Pemerintahan Setda Solo, Said Romadhan, mengatakan manajemen rekayasa lalu lintas selama pelaksanaan pengajian akbar, zikir, dan selawat bersama itu telah disiapkan.

Jl. Jenderal Sudirman akan ditutup mulai Bundaran Gladag hingga Tugu Pamandengan Balai Kota. “Penutupan mulai pukul 14.00 WIB, namun penutupan total pukul 17.00 WIB,” jelasnya dalam jumpa pers kepada wartawan di Balai Kota, Jumat (14/9/2018).

Selama penutupan Jl. Jenderal Sudirman, Pemkot menyiapkan pengalihan arus lalu lintas dari arah Jl. Slamet Riyadi yang hendak menuju Jl. Jenderal Sudirman maupun dari Jl. Urip Sumoharjo menuju Jl. Jenderal Sudirman.

Lalu lintas dari arah Jl. Slamet Riyadi dialihkan melalui Alun-alun Utara atau Jl. Paku Buwono, kemudian ke Jl. Kapten Mulyadi. Sedangkan kendaraan dari Jl. Urip Sumoharjo menuju Jl. Jenderal Sudirman akan dialihkan melewati Jl. R.E. Martadinata atau Klenteng Tien Kok Sie maupun melewati Jl. Suryo Pranoto.

Puluhan petugas akan diterjunkan untuk mengatur lalu lintas. Selain dari Dishub, petugas yang dikerahkan dibantu kepolisian, TNI, Linmas, dan Satpol PP.

“Harapan kami, bagi masyarakat yang ingin melintas di Jl. Jenderal Sudirman untuk mengambil rute lain selama acara berlangsung sehingga terhindar dari kemacetan,” pintanya.

Selain pengalihan arus lalu lintas, Pemkot Solo juga menyiapkan kantong-kantong parkir, di antaranya di Pasar Cinderamata, Jl. Arifin, Jl. Urip Sumoharjo, Jl. R.E Martadinata, Jl. Suryo Pranoto, Jl. Kapten Mulyadi, Jl. Mayor Kusmanto, Taman Parkir Mayor Kusmanto, Loji Wetan, dan Benteng Vastenburg.

“Jl. Jenderal Sudirman nanti steril dari kendaraan peserta pengajian,” katanya.

Said mengatakan pengajian dimulai pukul 19.00 WIB. Hiburan berupa penampilan musik hadrah dari pemenang Lomba Hadrah tingkat kota akan membuka pengajian tersebut.

Pengajian akbar ini merupakan kegiatan rutin tahunan memperingati Tahun Baru Islam. Kegiatan ini juga masuk dalam calendar event Kota Solo.

Sesuai rencana selawat dan zikir bersama dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo, Wakil Wali Kota (Wawali) Achmad Purnomo, jajaran Muspida, dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot.

“Kami pastikan acara ini murni untuk ibadah dan tidak ada muatan politis,” katanya.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Solo Danang Sulindriyanto mengatakan panitia sudah menyiapkan sejumlah fasilitas dasar termasuk toilet portabel. “Di lokasi panitia penyediakan tiga unit toilet portabel,” katanya.

Tokopedia