Wisudawan Perempuan di STIE AUB Solo Lebih Banyak Dibandingkan Laki-Laki

Mahasiswa AUB mengikuti acara Wisuda Semester Genap Diploma Tiga (D3), Sarjana Strata Satu (S1) dan Pascasarjana (S2) di Gedung Garuda Graha STIE Adi Unggul Bhirawa (AUB) Solo, Sabtu (15/9 - 2018). (M. Ferri Setiawan)
16 September 2018 15:24 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa (STIE AUB) Solo mewisuda 278 mahasiswa di Gedung Garuda Graha, Mojosongo, Jebres, Sabtu (15/8/2018). Jumlah wisudawan perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki yakni 153 orang sementara yang laki-laki 125 orang.

Sebanyak 11 dari 278 mahasiswa memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) cumlaude. “Mahasiswa yang diwisuda ini masuk tahun akademik 2017/2018 atau semester genap. Kami mencatat wisudawan terbanyak dari perempuan yaitu 153 orang sementara yang laki-laki 125 orang,” ujar Wakil I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan STIE AUB Surakarta, Etty Indriani, kepada Solopos.com, Sabtu.

Etty mengungkapkan wisudawan terbagi dalam berbagai bidang studi di antaranya Program Magister Manajemen (MM) 185 mahasiswa, Manajemen S1 38 mahasiswa, Akuntansi S1 48 mahasiswa, Keuangan dan Perbankan D3 2 mahasiswa, Manajemen Informatika D3 3 mahasiswa, dan Akuntansi D3 2 mahasiswa.

“Lulusan terbaik Program Studi [Prodi] MM diperoleh mahasiswa atas nama Nurbiyantoro, warga Boyolali dengan IPK 3,98. Kami memberikan penghargaan khusus bagi mahasiswa yang lulus dengan IPK cumlaude,” kata dia.

Ada pula kelulusan 46 mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Adi Unggul Bhirawa (STMIK-AUB) Solo. Perincianya Program Studi Sistem Informasi S1 33 orang, Sistem Komputer S1 9 orang, Teknik Komputer D3 4 orang.

“Kami juga mewisuda 19 mahasiswa dari AT-AUB [Akademi Teknologi]. Perincian wisudawan Prodi Teknik Mesin D3 sebanyak 17 orang dan Teknik Elektro D3 sebanyak 2 orang,” kata dia.

Etty optimistis lulusan STIE AUB, STIMIK AUB, dan AT AUB mampu bersaing dengan lulusan universitas lain. Ia berpesan kepada alumni bisa menjaga nama baik universitas dan memanfaatkan ilmu yang didapat selama kuliah untuk kepentingan orang banyak.

“Dirjen Kemenristekdikti [Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi] memberikan beasiswa PPA [Peningkatan Prestasi Akademik] untuk 37 mahasiswa serta Bidikmisi untuk 9 mahasiswa. Kami memberikan bantuan tersebut secara simbolis kepada mahasiswa saat pelaksanaan wisuda,” kata dia.

Sekretaris Yayasan Karya Dharma Pancasila (YKDP) STIE AUB, Anwar Hamdani, mengungkapkan jumlah mahasiswa di STIE AUB setiap tahun bertambah. Lulusan SMA/SMK di Soloraya banyak yang berminat melanjutkan kuliah di STIE AUB.

Total lulusan STIE AUB sebanyak 20.394 orang, STMIK AUB 993 orang, dan AT AUB 216 orang. Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya dan istrinya Etik Suryani Wardoyo tercatat sebagai wisudawan dalam program studi MM. Namun, mereka tidak hadir dalam wisuda karena ada tugas di luar kota.

Tokopedia