Kebakaran Kandang di Tanon Sragen Hanguskan 6 Kambing

Anggota Satgas BPBD Sragen melihat kondisi enam kambing milik Marsono, 66, warga Ngablak, Pengkol, Tanon, Sragen, yang hangus terbakar Senin (17/9 - 2018) malam. (Istimewa/Sugeng Priyono)
18 September 2018 18:20 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

 Solopos.com, SRAGEN -- Kandang kambing milik Marsono, 66, warga Dukuh Ngablak RT 001/RW 002, Desa Pengkol, Tanon, Sragen, ludes terbakar pada Senin (17/9/2018) sekitar pukul 21.15 WIB.

Akibatnya sebanyak enam ekor dari 21 ekor kambing di kandang itu mati terpanggangMarsono mengalami kerugian senilai Rp4 juta.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen, Sugeng Priyono, saat dihubungi solopos.com, Selasa (18/9/2018), menyampaikan peristiwa nahas itu bermula saat Jumini, 55, warga setempat, mendengar suara mencurigakan pada pukul 21.00 WIB.

Suara tersebut ternyata berasal dari kandang kambing milik Marsono yang berdekatan dengan rumahnya. Jumini langsung berteriak meminta tolong karena kandang kambing ternyata sudah terbakar.

“Kandang kambing itu berukuran 3 meter x 4 meter. Warga langsung berusaha memadamkan api. Kami memerintahkan empat orang personel menuju lokasi kejadian. Di sana tidak hanya BPBD yang turun, tetapi personel dari Polsek Tanon, PMI, PSC 119, perangkat desa, dan warga ikut membantu memadamkan api. Api terkondisi pada pukul 21.30 WIB,” ujarnya.

Kasubbag Humas Polres Sragen AKP Muryati mewakili Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman menambahkan lokasi kandang dengan rumah pemiliknya berjarak 300 meter. Dari keterangan Jumini dan warga lainnya, Tumin, 65, kebakaran terjadi pada pukul 21.15 WIB.

“Dari laporan Polsek Tanon, ada empat ekor kambing yang mati, yakni tiga ekor kambing besar dan satu ekor kambing kecil. Sementara belasan ekor kambing lainnya bisa diselamatkan. Kerugian mencapai Rp4 jutaan,” ujarnya.

Muryati menyampaikan penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikian.