Sragen Jadi Lokasi Tes CPNS 9 Kabupaten/Kota, Catat Jadwalnya!

Peserta ujian CPNS mengerjakan soal menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT). (Solopos/Dok)
19 September 2018 07:15 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Ribuan peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari sembilan kabupaten/kota di Soloraya plus Grobogan dan Blora bakal melaksanakan tes seleksi CPNS di Kabupaten Sragen pada 25 Oktober-25 November 2018.

Pemkab Sragen membuka 505 lowongan CPNS 2018 untuk formasi guru sekolah dasar (SD), tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan pengangkatan tenaga honorer Kategori II (K2).

Formasi CPNS Kabupaten Sragen 2018 tersebut diumumkan secara resmi lewat website milik Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sragen, bkpp.sragenkab.go.id. Pengumuman juga akan disiarkan langsung lewat Radio Siaran Publik Pemerintah Kabupaten Sragen.

“Semua persiapan penyelenggaraan tes CPNS di Sragen sudah dirapatkan dengan tim,” ujar Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat dihubungi Solopos.com, Selasa (18/9/2018).

Bupati menyampaikan untuk formasinya sudah dijelaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto. Sementara Tatag saat ditemui Solopos.com di Gedung DPRD Sragen, Selasa siang, menjelaskan perincian formasi CPNS Kabupaten Sragen 2018 terdiri atas 329 lowongan guru SD, 169 lowongan tenaga medis/kesehatan, 34 lowongan tenaga teknis dinas, dan 33 lowongan untuk pengangkatan tenaga honorer K2.

“Persyaratannya mengikuti ketentuan nasional dari pemerintah pusat. Pengumuman dilaksanakan selama sepekan mulai Rabu [19/9/2018] sampai Rabu [26/9/2018]. Pendaftaran dimulai pada Rabu [26/9/2018]. Selama pendaftaran dilakukan seleksi administrasi,” ujar Sekda.

Sementara untuk pelaksanaan tes CPNS berbasis komputer atau computer assisted test (CAT), kata Sekda, dilaksanakan selama sebulan mulai 25 Oktober-26 November 2018. Tes tersebut terdiri atas tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB).

Dia menjelaskan Sragen menjadi tempat untuk pelaksanaan tes tersebut untuk wilayah sembilan kabupaten/kota, yakni Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Karanganyar, Sragen, Grobogan, dan Blora.

“Ya, diperkirakan ribuan peserta seleksi CPNS 2018 akan ikut tes di Sragen semua. Nanti tempatnya di GOR Diponegoro Sragen. Bagi para peserta diharapkan untuk melihat lokasi tesnya supaya pada hari H tidak kebingungan mencari tempat,” imbau Sekda.

Tes CPNS 2018 ini dilaksanakan di 176 lokasi, salah satunya di Sragen. Tes dilaksanakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bekerja sama dengan pemerintah daerah dan dilakukan secara mandiri di Kantor BKN pusat maupun regional.

Total formasi CPNS 2018 yang dibuka BKN sebanyak 186.774 lowongan yang terbagi di 525 pemerintah daerah. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sragen, Sarwaka, menyampaikan pengumuman Rabu ini merupakan pengumuman lowongan formasi secara umum.

Dia menjelaskan hanya jumlah formasi yang diumumkan ke publik. Sementara untuk persyaratan CPNS dan penempatan kebutuhan tenaga secara detail akan diumumkan pada Rabu (26/9/2018) mendatang.