2 Caleg PDIP Karanganyar Mundur Jelang Penetapan DCT

Perwakilan parpol di Karanganyar mengikuti Sosialisasi Peraturan KPU di KPU Karanganyar, Rabu (19/9 - 2018). (Solopos/Ponco Suseno)
19 September 2018 16:15 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Dua calon anggota legislatif (caleg) DPRD Karanganyar dari PDIP mundur hanya sehari sebelum penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) Pemilu 2019.

DCT Pemilu 2019 rencananya ditetapkan Kamis (20/9/2018). Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, saat jadwal pendaftaran caleg Pemilu Legislatif 2019 ditutup Selasa (17/7/2018) lalu, ada 486 caleg yang mendaftar dari 15 partai politik (parpol).

Selanjutnya dari hasil verifikasi, 43 caleg dinyatakan tak memenuhi syarat. Total caleg di Karanganyar menjadi 443 orang. Menjelang H-1 penetapan DCT, jumlah caleg tinggal 441 orang.

“Hari ini persetujuan rancangan DCT anggota DPRD Karanganyar. Semua parpol hadir. Dari PDIP Karanganyar menyampaikan ada dua calegnya yang mengundurkan diri," jelas Komisioner Divisi Teknis KPU Karanganyar, Muhammad Maksum, saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (19/9/2018).

Lantaran PDIP tidak mengganti caleg laki-laki yang mengundurkan diri itu, KPU langsung mencoret dua caleg tersebut. Pengunduran diri itu tidak berpengaruh karena yang mengundurkan diri laki-laki.

Kuota perempuan sebesar 30 persen dari PDIP tetap terpenuhi di setiap dapilnya. Muhammad Maksum mengatakan seluruh syarat calon dari masing-masing caleg yang akan ditetapkan DCT sudah komplet.

Hal itu termasuk surat keputusan (SK) pemberhentian Rohadi Widodo dari jabataan Wakil Bupati (Wabup) Karanganyar. Rohadi maju sebagai caleg dari PKS.

Di samping itu juga SK pemberhentian satu kepala desa (kades) dan perangkat desa (perdes) yang maju sebagai caleg. “Semua data sudah dicek. KPU Karanganyar juga sudah memperoleh SK pemberhentian dari pak wabup pagi tadi [kemarin]. Besok [hari ini] tinggal menetapkan DCT,” katanya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Karanganyar, Endang Muryani, mengakui ada dua calegnya yang mengundurkan diri menjelang penetapan DCT. “Iya ada yang mundur,” kata dia tanpa penjelasan lebih lanjut mengenai identitas maupun alasan pengunduran diri dua caleg tersebut.