Ada Solo City Jazz, Jl. Urip Sumoharjo Ditutup 6 Jam Malam Ini

Ilustrasi penutupan jalan. (Solopos/Dok)
29 September 2018 07:15 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Jl. Urip Sumoharjo ruas Pasar Gede Solo akan ditutup selama kurang lebih enam jam pada Sabtu (29/9/2018) mulai pukul 18.00 WIB-24.00 WIB.

Penutupan jalan tersebut dilakukan untuk mendukung penyelenggaraan acara Solo City Jazz 2018 di depan pintu masuk Pasar Gede.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, meminta masyarakat atau para pengguna kendaraan bisa menyesuaikan diri dengan kebijakan penutupan jalan tersebut. Para pengendara di Jl. Jenderal Sudirman atau dari arah Bundaran Gladak yang ingin menuju ke arah Pasar Gede atau perempatan Warung Pelem akan diarahkan lurus masuk Jl. Arifin.

Setelah tiba di perempatan Widuran, kendaraan diarahkan belok kanan masuk Jl. Sutan Syahrir hingga perempatan Warung Pelem.

"Masyarakat mangga bisa menyesuaikan dengan rencana penerapan rekayasa lalu lintas ini. Lokasi panggung Solo City Jazz 2018 nanti ditempatkan di depan pintu masuk Pasar Gede," kata Ari saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (28/9/2018).

Sementara itu, kendaraan dari arah utara atau perempatan Warung Pelem yang ingin menuju ke Jl. Jenderal Sudirman bakal diarahkan belok kanan setibanya di perempatan utara Pasar Gede. Kendaraan tersebut kemudian diarahkan belok kiri masuk Jl. Suryopranoto-Jembatan Pasar Gede.

Ari menyampaikan kendaraan dari arah perempatan Warung Pelem yang ingin menuju Jl. Jendeal Sudirman juga bisa belok kiri setibanya di perempatan utara Pasar Gede. Kendaraan di utara Pasar Gede kemudian diarahkan masuk Jl. Kapten Mulyadi dan belok kanan setibanya di pertigaan Loji Wetan untuk menuju Jl. Jend. Sudirman.

"Kami tentu akan mengerahkan petugas di lapangan untuk membantu masyarakat menemukan jalur alternatif selama penyelenggaraan event Solo City Jazz 2018," jelas Ari.

Kabid Perparkiran Dishub Solo, Moch. Usman, menyarankan masyarakat yang ingin menyaksikan pertunjukan Solo City Jazz di depan Pasar Gede memanfaatkan ruang parkir yang disediakan Dishub.

Beberapa lokasi parkir yang dianjurkan Dishub untuk pengunjung Solo City Jazz, antara lain Balai Kota Solo, Jl. Arifin, Jl. Urip Sumoharjo, Jl. R.E. Martadinata, dan Jl. Suryo Pranoto. Dia meminta masyarakat tak parkir di sembarang tempat karena rawan menimbulkan gangguan arus lalu lintas.

"Kalau masyarakat kedapatan parkir di sembarangan tempat, tetap akan kami gembok sebagai sanksinya. Maka dari itu, kami harap tidak ada pengunjung yang melanggar aturan lalu lintas," jelas Usman.