Jalan Sehat Jokowi di Solo Diganti Doa untuk Korban Gempa Palu

Gedung RSU Anutapura Palu rusak berat setelah diguncang gempa. (Twitter - @Sutopo_PN)
29 September 2018 20:30 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 40.000 peserta akan menghadiri acara kampanye capres dan cawapres nomor urut satu Jokowi-Ma’ruf Amin di Stadion Sriwedari Solo, Minggu (30/9/2018). Jokowi dipastikan akan hadir dalam kampanye bertema Berkabung Untuk Donggala-Palu itu.

“Kami memanfaatkan jadwal kampanye di wilayah Jateng untuk berkampanye di Kota Bengawan yang dihadiri langsung Presiden Jokowi. Sebanyak 40.000 peserta dari berbagai daerah dipastikan akan menghadiri acara kampanye ini,” ujar Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima saat ditemui wartawan di Rumah Makan Adem Ayem, Penumping, Laweyan, Sabtu (29/9/2018).

Aria mengungkapkan dalam kampanye itu, akan ada doa bersama untuk warga Palu dan Donggala yang mengalami musibah gempa dan tsunami pada Jumat (28/9/2018). Menurutnya, kegiatan ini merupakan agenda kampanye resmi pasangan Jokowi-Ma’ruf.

“Sukarelawan tim kemenangan, simpatisan, dan parpol pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf dipastikan akan menghadiri acara ini. Kami mengundang lima tokoh agama untuk memanjatkan doa bagi korban bencana alam di Donggala-Palu. Doa akan dipimpin Habib Novel,” kata dia.

Politikus PDIP ini menjelaskan dari Nahdlatul Ulama (NU) Soloraya juga hadir dalam kampanye ini. Ia mengakui awalnya kegiatan ini digelar dalam bentuk jalan sehat. Namun, atas permintaan Jokowi karena bertepatan dengan terjadinya musibah di Palu, maka acara dirubah menjadi doa bersama dan penggalangan dana bantuan kepada peserta kampanye.

Ketua Tim Kampanye Daerah Solo, Her Suprabu, memastikan semua perizinan terkait kegiatan kampanye di Kota Solo sudah selesai. Panitia sudah melayangkan izin ke Polresta Solo dan KPU Solo.

“Kami pastikan selama pelaksanaan kampanye berjalan tertib dan aman. Doa bersama ini sekaligus mengajak warga agar berkampanye damai,” kata dia.