Soloraya
Selasa, 19 Maret 2024 - 16:08 WIB

Muncul Polling Calon Bupati Boyolali 2024, Ini Nama-nama yang Mencuat

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada Boyolali (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, BOYOLALIPolling calon bupati (cabup) muncul menjelang Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Boyolali 2024. Salah satunya polling online yang dibuka di laman pollingkita.com.

Berdasarkan pengamatan Solopos.com di laman tersebut, Selasa (19/3/2024), ada beberapa polling terkait cabup Boyolali 2024 yang dibuka dalam beberapa hari terakhir. Salah satunya yang dibuka pada Rabu (13/3/2024) pukul 17.01 WIB.

Advertisement

Polling dibuka dengan pertanyaan “Siapa Calon Bupati Boyolali 2024 Pilihan Anda?”. Di bawahnya ada tujuh nama yang bisa dipilih dengan cara diklik. Ada Said Hidayat (Bupati Boyolali saat ini), Marsono (PDIP).

Lalu Fuadi (Partai Golkar), Sumarno Lindu (Partai Gerindra), Devid Agus Yunanto (mantan ajudan Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo), Joko Mardiyanto (advokat), dan Wahyu Irawan (PDIP).

Advertisement

Lalu Fuadi (Partai Golkar), Sumarno Lindu (Partai Gerindra), Devid Agus Yunanto (mantan ajudan Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo), Joko Mardiyanto (advokat), dan Wahyu Irawan (PDIP).

Hingga hari keenam polling dibuka, Selasa (19/3/2024) pukul 15.35 WIB, polling tersebut sudah menerima 969 suara. Hasilnya, Sumarno Lindu unggul jauh dibanding nama-nama lainnya dengan perolehan 59,4 % atau 576 suara.

Disusul Devid Agus Yunanto dengan perolehan Yunanto 22.2% atau 215 suara. Fuadi 6,0% atau 58 suara, Marsono dengan perolehan 3,8% atau 37 suara, Said Hidayat dengan perolehan 3,4% atau 33 suara, Joko Mardiyanto dengan perolehan 2,7% atau 26 suara, dan Wahyu Irawan dengan perolehan 2,5% atau 24 suara.

Advertisement

Polling lain yang dibuat pada 17 Maret 2024 pukul 19.00 WIB di laman yang sama memunculkan 11 nama. Mereka yakni Sumarno Lindu (Gerindra), Wahyu Irawan (Wakil Bupati Boyolali), Joko Mardiyanto (Advokat), Fuad Hidayat (Golkar).

Tanggapan Partai Politik

Kemudian Didik Haryadi, Devid Agus Yunanto, Said Hidayat (Bupati Boyolali), Muhajir (PKB), M Chamim Irfani (PKB), Masruri (Mantan Sekda Boyolali), dan Marsono (PDIP). Hingga Selasa (19/3/2024), polling tersebut baru menerima 10 suara.

Ketua DPC Partai Gerindra Boyolali, Sukardiyono, mengatakan hingga saat ini belum ada pembahasan apa pun di internal partainya terkait siapa yang akan maju sebagai calon bupati pada Pilkada Boyolali 2024.

Advertisement

Menurutnya, saat ini Partai Gerindra di Boyolali baru sebatas melakukan komunikasi informal dengan partai yang akan diajak berkoalisi. Terkait hasil polling yang menempatkan Sumarno Lindu dari Partai Gerindra di posisi teratas, Sukardiyono mengatakan belum ada konfirmasi apa pun terkait itu ke DPC Partai Gerindra Boyolali.

“Sampai saat ini untuk Gerindra Boyolali ketuanya saya, dan belum ada konfirmasi apa pun soal nama-nama dari Gerindra terkait polling itu,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (19/3/2024).

Sukardiyono juga mengaku belum mendapatkan konfirmasi dari nama yang disebut di polling tersebut jika memang ingin maju di Pilkada Boyolali melalui Partai Gerindra. “Kalau saya, ketua DPC, belum [mendapatkan konfirmasi]. Mungkin kalau langsung ke DPD provinsi atau pusat, mungkin. Tapi sepertinya dari DPD kok juga belum,” kata dia.

Advertisement

Sementara mengenai hasil polling, menurutnya, polling bisa dibuat atau diatur sedemikian rupa. Siapa saja bisa dimasukkan dalam polling tersebut. Dengan begitu polling semacam itu juga belum mewakili semua tokoh yang ada.

“Tapi ya sah-sah saja polling begitu, cara untuk menaikkan popularitas,” lanjut dia.

Baca Juga

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif