Alila Solo Hotel Raih Penghargaan Subroto 2018

General Manager Alila Solo bersama Engineering Alila Solo Team. (Hotel Alila Solo)
03 Oktober 2018 23:10 WIB Adv Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Prestasi membanggakan diraih Hotel Alila Solo. Hotel yang terletak di Jl. Slamet Riyadi No 562 Jajar, Laweyan Solo, Jumat (28/9/2018) menyabet penghargaan Subroto 2018.

Penghargaan yang diselenggarakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini dalam rangka Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-73. Penyerahan penghargaan Subroto dilakukan langsung oleh Menteri ESDM RI Ignasius Jonan di Ballroom XXI-Djakarta.

Alila Solo Hotel menjadi satu-satunya hotel yang tahun ini menerima Penghargaan Subroto dengan kategori Bangunan Hemat Energi Pada Bangunan Gedung Baru. Tahap seleksi diangsungkan hampir 2 bulan dengan bimbingan langsung oleh ESDM.

Bangunan Alila Solo Hotel telah disertifikasi Earthcheck dengan Predikat Bronze Benchmarked pada tahun 2017. Gedung Alila Solo Hotel telah memiliki piagam penghargaan sebagai Hotel Berwawasan Lingkungan oleh Kementerian Pariwisata pada tahun 2017.

Bangunan Alila Solo Hotel memiliki konsep desain sustainability development yang hemat energi dan ramah lingkungan. Sistem pencahayaan alami, sirkulasi udara alami, pemilihan material batu alam sebagai façade utama gedung pada lantai I hingga lantai VI merupakan strategi mengurangi panas.

Banyaknya area terbuka hijau di sekitar gedung berguna untuk mengurangi panas matahari. Penggunaan utilitas dan equipment menjadikan lebih efisien.

Penggunaan material di Hotel Alila Solo ramah lingkungan serta manajemen air limbah dikelola menggunakan Sewage Treatment Plant (STP) sehingga tidak ada air limbah yang dibuang ke saluran kota. Air limbah dimanfaatkan dan diolah menjadi pengairan untuk siram taman dan cooling tower.

 “Alila Solo Hotel sangat detail dalam memperhatikan lingkungan. Harapan kami ada di Kota Solo sebagai salah satu pendukung kota dengan bangunan ramah lingkungan. Kami akan terus meningkatkan kualitas agar tetap ramah lingkungan dan hemat dalam penggunaan sumber daya energi dan mineral,” ungkap Wijayadi, Chief Ennginering Alila Solo, Rabu (3/10/2018).

Alila Solo Hotel mengusung kombinasi desain inovatif dan mewah di lokasi yang unik. Sebuah kehormatan di tahun 2018 ini, Alila Solo Hotel menjadi salah satu penerima pengharagaan bergensi dari Kementerian ESDM RI.