Kebakaran Dekat Lapangan Paulan Colomadu, Warga Panik

Rumput kering dekat Lapangan Desa Paulan, Colomadu, Karanganyar, Rabu (3/10 - 2018) siang, terbakar. (Solopos/Iskandar)
03 Oktober 2018 17:15 WIB Iskandar Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Warga sekitar Lapangan Desa Paulan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, dibuat panik gara-gara api yang membakar rerumputan dekat perumahan mereka.

“Tadi siang [kemarin] rumput di dekat Lapangan Paulan terbakar. Karena khawatir merembet ke permukiman, saya minta bantuan teman-teman Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta SAR Colomadu untuk memadamkan kebakaran rumput,” ujar salah satu perangkat Desa Paulan, Colomadu, Riyadi ketika ditemui di Paulan, Rabu (3/10/2018).

Menurut dia, meski yang terbakar hanya padang rerumputan, namun jaraknya dekat rumah-rumah penduduk sehingga membuat warga panik. Dia dibantu sejumlah pihak segera berusaha memadamkan api.

Menggunakan peralatan seadanya, mereka berhasil memadamkan api hingga tak merembet ke permukiman. “Tadi kami sempat mengguyur api dengan air yang kami ambil pakai selang milik penduduk setempat. Alhambulillah atas kerja sama dan bantuan teman-teman, api segera bisa diatasi,” kata dia.

Riyadi menduga kebakaran terjadi akibat ulah orang tak dikenal membakar sampah di tempat tersebut tanpa ditunggui. Karena rerumputan di sekitar banyak yang mengering akibat musim kemarau, api dengan cepat merembet ke beberapa tempat.

Sementara itu Kepala Desa Paulan, Joko Margono, mengimbau warga agar berhati-hati saat membakar sampah. Apalagi jika membakar sampah dekat semak belukar kering. Jika tak diawasi berpotensi menimbulkan kebakaran.

“Tadi yang terbakar hanya rumput di tanah kosong. Di dekatnya memang ada masjid dan rumah penduduk, untung api dengan cepat bisa diatasi,” kata dia.