Kebakaran 12 Ha Hutan di Wonogiri Hanguskan Pohon Jati, Pinus, dan Mahoni

Petugas BPBD Wonogiri berupaya memadamkan apidi lahan hutan negara di Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri, Jumat (5/10 - 2018) sore. (Istimewa/Dok. BPBD Wonogiri)
06 Oktober 2018 14:15 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI — Kebakaran terjadi di hutan negara seluas 12 hektare di Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jumat (5/10/2018). Akibatnya, berbagai jenis tanaman yang tumbuh di hutan itu hangus terbakar.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, kepada solopos.com, Sabtu (6/10/2018), mengatakan 12 hektare hutan yang terbakar berada di wilayah Resor Pemangkuan Hutan Cubluk, Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wonogiri, Kecamatan Wuryantoro.

“Informasi dari salah satu warga, lokasi awal api diketahui pada pukul 11.30 WIB. Kondisi angin yang cukup kencang membuat api menjalar dan beberapa terbang ke lokasi sekitarnya sedangkan lokasi sekitar dalam kondisi banyak daun kering dan ranting kering,” ujarnya.

Bambang Haryanto menambahkan proses pemadaman api dilakukan oleh warga setempat dibantu oleh tim reaksi cepat BPBD, petugas Perhutani dan sukarelawan. Sejauh ini, ungkap dia, penyebab kebakaran dan jumlah kerugian masih dalam penyelidikan petugas.

Ia menjelaskan lahan hutan yang terbakar terdapat di lima lokasi yakni Petak 19e-1 dengan jenis tanaman tegakan mahoni tahun 2003 dengan luas tiga hektare. Kedua, petak 19e-2 berisi tanaman tegakan pinus dengan luas dua hektare.

Lantas, petak 19e-3 dengan jenis tanaman tegakan jati tahun 2012 dengan luas dua hektare. Kemudian, petak 19e-4 dengan jenis tanaman tegakan jati tahun 2014 dengan luas dua hektare. Terakhir, tanaman tegakan pinus dengan luas tiga hektare yang berada petak 19g.

Api dapat dipadamkan sekitar pukul 16.30 WIB. Hingga saat ini petugas masih melakukan pemantauan karena dikhawatirkan akan muncul lokasi api baru. Pasalnya, saat ini Kabupaten Wonogiri dalam cuaca panas dan berangin