Lupa Matikan Kayu Bakar, Rumah Warga Laweyan Solo Terbakar

ilustrasi kebakaran. (Solopos/Whisnu Paksa)
09 Oktober 2018 09:00 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Rumah milik Harnani, warga RT002/RW004 Karangasem, Kecamatan Laweyan, Solo, terbakar, Senin (8/10) malam. Kebakaran diduga terjadi karena kelalaian manusia.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, kejadian bermula saat korban yang tinggal sendirian di rumah itu pergi ke tempat tetangga. Sekitar pukul 21.00 WIB, tiba-tiba muncul kobaran api dari bagian dapur rumah Harnani. Para tetangga yang melihat kobaran api panik.

Warga di sekitar rumahnya panik api merembet ke bangunan rumah lain. Warga kemudian berusaha mengamankan barang-barang berharganya seperti motor dan lain sebagainya. Selain itu warga berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya.

Sedangkan warga lainnya memberitahukan dan melaporkan kejadian ke kelurahan setempat kemudian dilanjutkan ke pemadam kebakaran.

Tak berapa lama, mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Api akhirnya berhasil dijinakkan setelah empat mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. “Tidak ada korban dalam kejadian itu,” kata Komandan Regu Pemadam Kebakaran Solo Yosep Mulyo Utomo kepada Solopos.com.

Dia mengatakan saat terjadi kebakaran rumah dalam kondisi kosong. Penghuni rumah tengah main di salah satu rumah tetangga. Kebakaran diduga karena kelalaian pemilik rumah. Pemilik saat itu tengah memasak dengan menggunakan kayu bakar.

“Jadi pemilik masak dengan kayu bakar dan lupa mematikannya,” katanya.

Beruntung petugas mampu melokalisasi api sehingga tidak merembet ke bangunan lain. Hanya sebagian bangunan dapur milik korban yang hangus dilalap si jago merah. Kerugian pun ditaksir hanya jutaan rupiah.