Pasar Kacangan Boyolali Akan Dipindah, Ini Lokasi Barunya

Kondisi Pasar Kacangan di pinggir jalan Andong/Gemolong, Boyolali. (Solopos/Nadia Lutfiana Mawarni)
09 Oktober 2018 13:15 WIB Nadia Lutfiana Mawarni Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Pasar Kacangan yang terletak di jalan lintas Andong-Gemolong, Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Boyolali, akan dipindah. Pasar yang baru terletak di belakang Balai Desa Kacangan, sekitar 300 meter ke utara dari pasar yang masih berfungsi sekarang.

Pemindahan pasar ini lantaran arus lalu lintas yang kerap macet di jam-jam sibuk. Pasar Kacangan yang merupakan pasar pagi tersebut biasanya ramai dipadati pembeli dari selepas Subuh.

“Jam-jam itu biasanya sibuk, ada anak-anak berangkat sekolah, bus-bus kecil ngetem, jadi macet apalagi pasarnya ada di pinggir jalan utama,” ungkap Camat Andong, Tubinu, ketika berbincang dengan Solopos.com di kantornya, pekan lalu.

Selain arus lalu lintas, masalah lain di Pasar Kacangan adalah ketersediaan lahan parkir yang tak memadai. Pantauan Solopos.com, biasanya pembeli memarkir kendaraan mereka di pelataran pasar yang mepet dengan bahu jalan.

Deretan sepeda motor terlihat penuh di area pintu masuk. Beberapa pembeli juga memarkir motor langsung di depan kios yang dituju. Jika sedang tidak ada juru parkir, pembeli yang rata-rata perempuan itu memosisikan motor seenaknya.

Hal ini mengakibatkan kapasitas ruang parkir menjadi semakin sempit. Biasanya karena pelataran pasar digunakan sebagai tempat parkir, truk-truk yang mengantarkan barang ke kios-kios akan berhenti di bahu jalan.

Keadaan ini cukup mengganggu karena ruas jalan tersebut hanya selebar kira-kira 3 meter untuk dua lajur kendaraan beda arah. Keadaan semakin diperparah dengan membeludaknya pedagang di pelataran tiap pagi.

Salah satu pedagang di Pasar Kacangan, Mukmin, 51, mengaku sudah mendengar kabar pemindahan pasar sejak lama. “Sepertinya tahun depan tapi belum ada kepastian,” kata dia.

Mukmin mendukung rencana relokasi pasar tersebut asalkan semua kebutuhan infrastruktur tetap terpenuhi seperti akses jalan, air, dan keterjangkauan kendaraan umum.

Pasar Kacangan yang baru dibangun di tanah kas Desa Kacangan. Tahap pertama pembangunan pasar itu sudah selesai enam bulan lalu dengan anggaran Rp5 miliar.

Dana tersebut untuk membangun kios, los, dan kantor pasar. Kini pembangunan telah mencapai tahap kedua. Lewat papan informasi pembangunan diketahui pelaksana proyek adalah CV Agung Wiguna Boyolali.

Pengerjaan tahap II telah dimulai pertengahan Juli dan ditargetkan rampung pertengahan November nanti atau 120 hari kalender. Sementara total anggaran mencapai Rp2,3 miliar.



Bangunan baru Pasar Kacangan di Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Boyolali. (Solopos-Nadia Lutfiana Mawarni)