Asyik, Ini Jumlah Dana untuk Perbaiki Jalan Lingkungan di 51 Kelurahan

Ilustrasi jalan kampung di kawasan Tegalrejo, Jebres, Solo, beberapa waktu lalu./M - Ferri Setiawan
10 Oktober 2018 21:51 WIB Ivan Andimuhtarom Solo Share :

Solopos.co, SOLO—Ketua Komisi II DPRD Solo, Y.F. Sukasno, mengatakan anggaran untuk jalan lingkungan semula dianggarkan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Solo senilai Rp5 miliar. Usulan itu disampaikan dalam rapat bersama antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD bersama TAPD, beberapa waktu lalu.

Namun, dalam pembahasan lanjutan di Banggar DPRD dan Komisi II DPRD Solo, terdapat penambahan anggaran Rp10 miliar. Dengan demikian, anggaran untuk jalan lingkungan pada 2019 menjadi Rp15 miliar.

“Pertimbangan penambahan anggaran itu karena Pemkot Solo dan DPRD menyetujui permohonan dari masyarakat. Kami ingin menyelesaikan masalah jalan lingkungan,” ujar Sukasno, Rabu (10/10/2018).

Anggaran untuk jalan lingkungan menjadi prioritas karena sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kota (Musrenbangkot). Selain itu, anggaran mengakomodasi pokok-pokok pikiran DPRD Kota Solo.

“Prinsip penganggaran apa pun harus mengacu pada tiga aspek tersebut,” terang politikus PDIP tersebut.

Sukasno berharap pada APBD-Perubahan 2019, DPRD Solo masih dapat menambah anggaran untuk jalan lingkungan.  Komisi II mendorong tiga masalah pokok di Kota Solo dapat tertangani pada 2019, yaitu perbaikan jalan kampung, pemasangan drainase, dan percepatan pencapaian program bebas kawasan kumuh. Hal itu menjadi pokok pikiran yang diemban Komisi II dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solo bersama TAPD di Kantor DPRD Solo.

Anggota Komisi II DPRD Solo, Edy Jasmanto, mengatakan dalam rapat bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Senin (8/10/2018), anggaran untuk rehabilitasi pedestrian Jl. Hasyim Ashari adalah Rp748 juta. “Kami berharap pekerjaan tepat waktu dan sesuai bestek,” kata Edy.