Cuwono Land Wisata Baru di Desa Karangasem, Bulu, Sukoharjo, Yuk Intip Fasilitasnya

Kondisi Cuwono Land di Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. (Solopos/Trianto Hery Suryono)
10 Oktober 2018 07:17 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO – Meski jauh dari jalan raya dan berada di arah tenggara Sukoharjo, Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, memiliki sebuah lokasi wisata baru yang wajib kita datangi saat weekend.

Kepala Desa Karangasem, Bambang Minarno, menjelaskan objek baru itu berupa taman bermain yang dikelilingi lahan persawahan yang luas dan saluran irigasi dari dam Colo. Ya, taman itu bernama Cuwono Land. “Taman itu berada di Dukuh Cuwono dan merupakan lahan bandha desa. Kami ingin membangun wisata air seperti waterboom,” ujar dia saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (6/10/2018).

Cuwono Land berupa taman berikut arena bermain, pemancingan dibuat di dekat bangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jalan menuju PAUD pun dicat warna-warni agar membuat anak-anak senang melintas dan tidak terkesan kusam.

Lahan sawah di Karangasem terdata sejumlah 110 hektare. Lahan sawah dengan padi menghijau juga bisa dilihat dari Kantor Desa Karangasem. Di ujung sawah terdapat bukit yang bisa dimanfaatkan untuk area outbound.

“Kami butuh sumber daya manusia mumpuni untuk mewujudkan desa wisata tersebut. Untuk sementara lokasi wisata belum luas. Walau tidak luas, lahan pemancingan sudah digunakan untuk lomba memancing peringatan HUT RI kemarin. Di sekitar Cuwono Land bisa dibuat arena bercocok tanam padi bagi anak sehingga generasi petani tidak terputus. Ke depan generasi muda menjadi petani modern dengan mengintegrasikan lahan sawah, perikanan dan lain,” imbuh dia.

Ketua Tim Penggerak PKK Karangasem, Sri Wahyuni, menambahkan bahwa ibu-ibu Karangasem telah tergabung dalam dasawisma dan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan memanfaatkan kertas dan plastik bekas minuman untuk dibuat keterampilkan seperti tikar.