Pensiunan PNS Wonogiri Tepergok Curi Sawi

Ilustrasi pencurian. (Solopos/Whisnu Paksa)
10 Oktober 2018 10:40 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Seorang pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri, Wy, 64, tepergok mencuri tanaman sawi yang masih tertanam di lahan Gempol, Sugihan, Bulukerto, Wonogiri, Senin (8/10/2018).

Tak hanya itu, berdasarkan keterangan yang dihimpun polisi, warga Tanjungsari, Jatisrono, Wonogiri, itu ternyata juga pernah mencuri cengkih basah dan kunir kering milik dua warga Sugihan lainnya.

Kasubag Humas Polres Wonogiri, AKP Hariyanto, kepada Solopos.com, Selasa (9/10/2018), mengatakan kasus tersebut telah diselesaikan secara restorative justice atau penyelesaian perkara dengan menitikberatkan pada aspek keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana maupun korban tanpa melalui jalur pengadilan.

Hal itu lantaran kerugian yang dialami ketiga korban hanya Rp552.000. Wy tepergok mencuri oleh warga yang melintas di kebun dan melihat Wy sedang mencabuti tanaman sawi.

Warga tersebut lalu menginformasikan warga sekitar. Kemudian sejumlah warga menangkap Wy dan membawanya ke Mapolsek Bulukerto agar diproses secara hukum.

Saat diperiksa Wy mengaku pernah mencuri cengkih dan kunir milik dua warga Sugihan lainnya. Atas kesepakatan bersama, kasus tersebut diselesaikan secara restorative justice.

Konsekuensinya, Wy harus membayar ganti rugi. Dia sanggup mengganti rugi senilai Rp450.000.