Hutan di Lereng Merbabu Ampel Boyolali Terbakar

Gunung Merbabu. (Solopos/Dok)
12 Oktober 2018 14:45 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Sebagian lahan hutan di lereng Gunung Merbabu wilayah Kecamatan Ampel, Boyolali, terbakar pada Jumat (12/10/2018). Hingga saat ini belum diketahui penyebab maupun luas lahan yang terbakar tersebut.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber menyebutkan kebakaran diketahui sejak Jumat pagi. Kepulan asap terlihat dari kejauhan di salah satu titik di lereng Gunung Merbabu bagian selatan atau di atas Desa Ngangrong, Ampel.

Warga dan sukarelawan di wilayah Ampel yang mengetahui kebakaran itu langsung menuju lokasi dan mencoba melakukan pemdaman dengan alat sederhana seperti gepyok.

Namun angin di lokasi berembus cukup kencang sehingga mempercepat api menjalar ke tanaman di sekitarnya. Selain itu, kondisi ini juga menyulitkan warga dan sukarelawan dalam upaya pemadaman.

Seorang sukarelawan dari Rempala Ampel, Joko Yuwono, kepada Solopos.com melalui pesan singkat menginformasikan hingga sekitar pukul 14.00 WIB, kebakaran masih melanda. “Masih dalam upaya pemadaman,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubbag TU Balai Taman Nasional Gunung (BTNG) Merbabu Johan Setyawan juga menuju lokasi kebakaran sesaat setelah mendapat laporan. Namun saat akan dikonfirmasi lebih lanjut melalui telepon, Johan belum merespons panggilan.