5 Jam Api Kian Berkobar, Warga Kawasan TPA Putri Cempo Waswas

Petugas berusaha memadamkan api di TPA Putri Cempo Solo, Sabtu (20/10 - 2018). (Solopos/Sunaryo HB)
20 Oktober 2018 23:27 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :
Solopos.com, SOLO -- Hingga pukul 23.10 WIB, Sabtu (20/10/2018) Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Solo, yang terbakar sejak pukul 18.00 WIB belum bisa dipadamkan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Solo, Gatot Sutanto mengatakan titik api muncul di TPA sejak pukul 18.00 WIB. Warga berharap api tidak membesar dan merembet ke rumah warga. 

TPA Putri Cempo Kobong

Foto: Mobil pemadam kebakaran di lokasi TPA Putri Cempo Solo (Solopos-Nicolous Irawan)

Salah satu warga, Paimin, mengatakan pada pukul 19.00 WIB, dirinya melihat api sudah berkobar di lokasi TPA. "Api sudah membesar. Dalam waktu setengah jam, lokasi yabg terbakar sudah meluas," kata dia saat ditemui Solopos.com di sekitar lokasi kebakaran, Sabtu.

Dia tidak mengetahui penyebab kebakaran tersebut, sebab biasanya pada malam hari audah tidak ada aktivitas di lokasi pembuangan sampah tersebut.  Sedangkan menurut Ketua RW setempat, yaitu RW 39 Mojosongo, Trimin, dia justru sudah melihat kobaran api di lokasi tumpukan sampah pada pukul 18.30 WIB.

TPA Putri Cempo

Foto: Warga menyaksikan terbakarnya TPA Putri Cempo, Solo. (Solopos-Bayu Jatmiko A)

"Saya dari taman sana [lokasi sekitar pemukiman] melihat asap dan nyala api di lokasi itu. Setelah didekati, ternyata api sudah besar," kata dia.

Dia pun berharap api tidak sampai ke rumah warga sebab di sisi timur lokasi kebakaran berbatasan langsung dengan pemukiman warga. "Jaraknya dekat sekali, mingkin dari sini sampai mobil itu [menunjuk jarak sekitar 30m]. Kami sudah berkoordinasi dengan linmas untuk berjag di sekitar permukiman," kata dia. 

TPA Putri Cempo

Foto:  Pemadam kebakaran di lokasi TPA Putri Cempo Solo (Solopos-Sunaryo HB)

Lurah Mojosongo, Winarno, yang datang ke lokasi TPA mengatakan lokasi TPA rawan terbakar karena sampah yang menumpuk kemungkinan mudah terbakar. "Kalau aktivitas membakar sampah, sudah tidak boleh. Kemungkinan tidak ada unsur kesengajaan. Namanya sampah, mingkin ada sampah berupa korek api atau yang lain kan juga tidak tahu," kata dia.

TPA Putri Cempo

Foto:  Pemadam kebakaran di lokasi TPA Putri Cempo Solo (Solopos-Sunaryo HB)

Dia mengatakan setelah diketahui ada kebakaran pihaknya dan warga langsung menghubungi pemadam kebakaran.  Berdasarkan pantauan Solopos.com, beberapa mobil pemadam kebakaran sudah berada di lokasi kebakaran. Warga pun ramai berdatangan untuk melihat peristiwa tersebut.