UT Surakarta, Solusi Semua Orang Bisa Kuliah

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati. (Solopos.com/Ginanjar Saputra)
29 Oktober 2018 17:38 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Siapa bilang kuliah itu repot, memakan banyak waktu, dan memerlukan banyak biaya? Di Universitas Terbuka (UT) Surakarta, semua orang bisa berkuliah tanpa menyita banyak waktu dan biaya.
 
Salah satu perguruan tinggi negeri di Surakarta tersebut memiliki kampus yang terletak di Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Sapen, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng).

UT Surakarta memiliki slogan Making Higher Education Open to All - Pendidikan Untuk Semua. Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, menegaskan bahwa perguruan tinggi yang ia pimpin akan mengemban amanah pemerintah untuk memperluas akses pendidikan tinggi bagi seluas mungkin masyarakat Indonesia.
 
"UT memiliki slogan Making Higher Educartion Open to All, maksudnya siapa pun dan dimana pun berada bisa berkuliah di UT, karena salah satu amanah pemerintah pada saat UT didirikan adalah memperluas akses pendidikan tinggi bagi masyarakat," ungkap Yulia kepada Solopos.com di kantornya, Jumat (26/10/2018).
 
Kualitas program studi di UT Surakarta pun tak perlu diragukan karena telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Beberapa program studi pada beberapa jenjang pendidikan di UT Surakarta sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.
 
Untuk berkuliah di UT Surakarta, syaratnya cukup mudah, yaitu cukup memiliki ijazah setingkat SMA. "Semua bisa kuliah di UT, syaratnya hanya satu, ijazah SMA atau yang sederajat, bahkan boleh juga lulusan Paket C" lanjut direktur UT Surakarta tersebut.
 
Di UT Surakarta, perkuliahan bisa dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan koneksi Internet atau kuliah secara online. Yulia menegaskan mahasiswa bisa kuliah di mana saja dan kapan saja.
 
Smartphone atau ponsel pintar adalah perangkat penting yang harus dimiliki mahasiswa UT Surakarta karena registrasi, perkuliahan/tutorial, dan akses bahan ajar digital dapat dilakukan melalui smartphone tersebut. Meski begitu, mahasiswa UT Surakarta juga bisa mendapatkan perkuliahan tatap muka langsung dengan pengajar bilamana membutuhkan.
 
Yulia mengungkapkan, saat ini, UT Surakarta memiliki sekitar 6.200 mahasiswa yang sekitar 1.200 di antaranya merupakan mahasiswa angkatan 2018. Dengan banyaknya jumlah mahasiswa, membuktikan bahwa UT Surakarta memang diminati masyarakat yang ingin mengenyam pendidikan tinggi berkualitas secara lebih efektif dan efisien.
 
UT Surakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru sepanjang masa, artinya masyarakat bisa mendaftar kapan saja. Namun untuk semester genap pendaftaran dijadwalkan pada bulan Juni hingga Agustus dan untuk semester ganjil pada Desember hingga Februari. Pendaftarannya pun bsa dilakukan dengan mudah, yaitu melalui online di Sia.ut.ac.id atau bisa datang langsung ke Kampus UT Surakarta di Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Sapen, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng.