Diaudit 2 Kali Per Semester, Kualitas Universtas Terbuka Surakarta Terjamin

Proses audit untuk lokasi tutorial tatap muka Universitas Terbuka Surakarta. (Istimewa/UT Surakarta)
01 November 2018 17:40 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Universitas Terbuka (UT) Surakarta, sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Surakarta, memiliki kualitas pendidikan yang terjamin mutunya. Bukan tanpa sebab, terjaminnya kualitas UT Surakarta itu dibuktikan dengan adanya audit dari UT Pusat (internal) dan dari lembaga audit resmi (eksternal) setiap semester.
 
Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, menjelaskan setiap semester perguruan tinggi negeri ini diaudit baik oleh tim internal dari UT Pusat maupun uadit eksternal dari lembaga audit resmi. "Dalam satu semester itu kita diaudit dua kali, ada yang audit internal dan audit eksternal. Nah kali ini sedang dilakukan audit internal, dan audit eksternal nanti sekitar satu bulan lagi," ujarnya kepada Solopos.com, Minggu (28/10/2018).
 
Yulia menegaskan audit tersebut dilakukan demi menjamin kualitas pendidikan di UT Surakarta. "Fungsinya untuk penjaminan kualitas yang ada di UT Surakarta," ungkapnya.
 
Sementara itu, salah satu auditor dari UT Pusat, Arif Sadono, yang melaksanakan audit untuk tutorial tatap muka, menjelaskan perkembangan UT Surakarta sudah cukup baik. "UT Surakarta perkembangannya bagus," ungkap Arif.

Proses audit di lokasi tutorial tatap muka Universitas Terbuka Surakarta. (Istimewa-UT Surakarta)
 
Arif membeberkan kualitas fasilitas pendidikan yang digunakan UT Surakarta dalam melaksanakan tutorial tatap muka bagi mahasiswanya juga sudah bagus. "Kalau pendidikan, saya lihat tadi dari lokasi tutorialnya sudah baik," lanjutnya.
 
Arif memastikan UT Surakarta selalu memilih lokasi terbaik untuk tutorial tatap muka bagi mahasiswanya. Terlebih, menurutnya, ada banyak tempat memadai dan bagus di kawasan Eks Keresidenan Surakarta yang bisa dipakai untuk memberikan tutorial tatap muka.
 
Ia memastikan pihak UT Surakarta akan selalu melakukan seleksi sebelum menggunakan suatu tempat sebagai lokasi dilaksanakannya tutorial tatap muka. "Ada seleksi lokasi tutorial, dipilih yang paling bagus itu di mana antara yang kita inginkan dan yang diizinkan. Kita menggunakan lokasi-lokasi sekolah misalnya [untuk tutorial tatap muka]. Tapi tetap memilih yang terbaik," ujarnya.
 
Arif memastikan UT Surakarta merupakan perguruan tinggi negeri yang sudah memenuhi standar yang ditetapkan UT Pusat. Kualitas UT Surakarta juga dipastikan sangat terjamin karena terus dipantau dari UT Pusat.