Percikan Api Muncul dari Satu Los Pasar Harjodaksino Solo

Kondisi los yang hampir terbakar di Pasar Harjodaksino, Solo, Kamis (1/11 - 2018). (Solopos/Ratih Kartika)
01 November 2018 18:15 WIB Ratih Kartika Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Salah satu los pedagang sayur-mayur di Pasar Harjodaksino, Solo, tersulut api pada Kamis (1/11/2018) pukul 04.00 WIB. Api tidak sampai membesar dan langsung dapat dipadamkan.

Penyebab munculnya api di los tersebut masih dalam penyelidikan. Lurah Pasar Harjodaksino, Anto, mengatakan telah melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Perdagangan Kota (Pemkot) Solo dan Polsek Serengan untuk dilakukan tindakan observasi dengan mencari tahu penyebab pasti tersulutnya api di los tersebut. 

“Kepolisian masih dalam proses penyelidikan. Tapi apinya enggak besar, cuma kecil,” ujar dia, Kamis.

Dia menjelaskan pedagang langsung meminta bantuan petugas keamanan begitu melihat api sehingga langsung bisa dipadamkam dan tidak menyebar ke mana-mana. Dia menjelaskan pedagang dan paguyuban dikumpulkan pada Kamis siang untuk menjaga situasi tetap kondusif. 

Jika tidak, dikhawatirkan akan tersebar berita hoaks yang memicu kepanikan. Dia juga belum bisa memastikan api yang tersulut tersebut berasal dari listrik, puntung rokok, atau benda lainnya karena masih dalam proses penyelidikan Polsek Serengan.

“Pedagang sudah saya beri tahu, enggak usah panik, sudah kondusif, apinya hanya kecil kok,” jelas dia.

Penjual beras di pasar tersebut, Ginah menjelaskan los sayur mayur yang tersulut api itu sepi dari aktivitas perdagangan. Menurut dia, pedagang yang biasanya berjualan di los di depan kiosnya itu sudah beberapa hari ini tidak berjualan.