Marching Band UNS Gelar Konser Bluedynamic Music Explosion

Gedung Rektorat UNS Solo. (Solopos/Dok)
02 November 2018 09:30 WIB Septina Arifiani Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Tahun ini ini Marching Band Sebelas Maret Surakarta MB UNS menginjak usia ke 30 tahun. Di usia 30 tahun tentunya bukan waktu yang singkat dalam sebuah proses. Jika diibaratkan seorang manusia, 30 tahun adalah usia matang produktif dimana ia akan mencari sebanyak-banyaknnya pengalaman.

Pada tahun 2016 MB UNS mengikuti kejuaraan International Jember Open Marching Competition dan berhasil memperoleh juara Runner Up mata lomba Full Band Competition dan Color Guard Contest. Tahun lalu MB UNS mencoba hal baru dengan mengikuti kejuaraan di luar negeri. Berhasil meraih Runner Up pada kompetisi Winter Guard International di Thailand pada mata lomba Wind dan Guard Show adalah hasil luar biasa yang telah dicapai oleh Marching band yang mendapat sebutan Bluedynamic ini.

Mencoba berbagai pengalaman di luar kota Solo tentunya kurang pas jika belum menggaungkan nama di kandang sendiri. Pada Jumat (2/11/2018), MB UNS kembali menunjukan eksistensinya dalam sebuah konser Bluedynamic Music Explosion berjudul Blue: You Only Live Once. Sebelumnya MB UNS pernah menyelenggarakan konser pada tahun 2015, tahun ini MB UNS kembali menyuguhkan konser sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke-30 MB UNS.

Konser Bluedynamic Music Explosion tahun ini akan menampilkan sebuah konser drama musikal yang memadukan konsep visual peran dan musik dari marching band. Tema ‘Blue’ diambil karena MB UNS identik dengan warna biru dan juga mempunyai sebutan “Bluedynamic”. Selain itu, konser ini juga mengangkat sebuah cerita mengenai perjalanan hidup seseorang yang berkaitan dengan keluarga, teman, maupun cinta. Di mana si tokoh harus menentukan jalan hidupnya agar tiada penyesalan dikemudian hari.

Proses latihan yang panjang telah dilalui oleh para player MB UNS. Sejak bulan April 2018 mereka telah berproses dari mulai latihan back to basic hingga masuk ke materi pagelaran di bulan Mei. Sebanyak 73 player telah mengalami proses yang panjang. Dibagi sebanyak 13 pemain color guard, 27 pemain percussion, serta 36 pemain brass akan menampilakn kemampuan mereka dalam konser BME ini. Dalam proses latihan yang panjang, dibantu oleh tujuh orang peelatih intern yang juga termasuk dalam anggota MB UNS.

Bukan hal yang mudah dalam sebuah tim untuk berproses panjang dengan jumlah personel yang banyak. Dengan semangat dan kerja keras mereka, hingga akhirnya sampai pada saat di mana harus menunjukan taring mereka membuat semua orang percaya bahwa MB UNS adalah sebuah marching band yang patut untuk diperhitungkan.

Selain penampilan dari MB UNS sendiri, pada konser BME ini akan mengundang 3 Spesial Perfomance dari Unit Marching Band Solo-Jogja. Unit yang nantinya akan turut memeriahkan antara lain Marching Band Univversitas Muhamadiyah Surakarta, Marching Band IAIN Surakarta, serta Marching Band Citra Derap Bahana Universitas Negeri Yogyakarta. Mereka akan menampilkan beberapa penampilan captional terbaik dari unit mereka.

Selain itu akan dimeriahkan juga oleh bintang tamu dari Vibes. Dengan lagu-lagu easy listening-nya yang akan membawa para penonton hanyut dalam nuansa kehidupan.

Untuk dapat menikmati konser Bluedynamic Music Explosion ini para penontonn tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tiket yang dijual dalam konser ini terbagi menjadi 3 kelas. Kelas Aqua dengan harga presale 2 saat ini 25.000, lalu Pale Torqoise dengan harga 30.000, dan Royal Blue dengan harga 35.000.

Konser ini dibuka untuk umum dan siapapun boleh menonton konser ini. Para penonton juga bisa membeli tiket On The Spot dengan harga yang berbeda tentunya. Pilihlah spot terbaikmu untuk melihat penampilan terbaik Marching band Sebelas Maret Surakarta ya.