Penumpang Pesawat Penerbangan Solo Merosot di September 2018

Bongkat buat bagasi di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah - Bisnis/Abdullah Azzam
03 November 2018 15:15 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Jumlah penumpang pesawat udara komersial yang datang melalui Bandara Adi Soemarmo pada September 2018 menurun 6,70% dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan penumpang yang berangkat dari bandara tersebut juga mengalami penurunan. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, jumlah penumpang pesawat udara komersial yang datang melalui Bandara Adi Soemarmo pada September sebanyak 101.724 orang. Jumlah tersebut seluruhnya dari penumpang penerbangan domestik. Sedangkan pada bulan sebelumnya tercatat ada 109.025 orang. 

Sedangkan penumpang yang berangkat dari Bandara Adi Soemarmo berjumlah 100.955 orang. Penumpang tersebut seluruhnya adalah penumpang penerbangan domestik. Bulan sebelumnya  berjumlah 106.209 orang.

"Jika melihat data, memang ada penurunan. Jumlah tersebut menurun 4,95% dibandingkan bulan sebelumnya," kata Kasi Statistik Distribusi BPS KotaSolo, Herminawati, Kamis (1/11.2018).

Sementara itu berdasarkan keterangan sejumlah maskapai, pemesanan tiket pada Oktober berjalan normal.

Area Manajer Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) - Jawa Tengah (Jateng) Lion Air Group, Widi Wiyanti, mengatakan pemesanan tiket masih berjalan normal seperti biasa. "Untuk kebutuhan Natal dan tahun baru juga sudah mulai. Tapi untuk datanya harus melihat masing-masing penerbangan," kata dia. 

General Manager Garuda Indonesia Solo, Hendrawan, mengatakan untuk saat ini pemesanan cenderung tumbuh. Meskip

un secara angka dia tidak menyebutnya. "Sebab selain sudah memasuki musim umrah, juga ada beberapa event MICE," kata dia. Dia mengatakan untuk keterisian penumpang pada Oktober kemarin sekitar 76%. Namun untuk umrah keterisian mencapai 90%-100%.