Pasar Darurat Pasar Legi Solo Gunakan Material Bekas Klewer di Alut

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo ditemani sejumlah pejabat meninjau lokasi pasar darurat pedagang Pasar Legi, Jumat (2/11 - 2018). (Solopos/Nicolous Irawan)
03 November 2018 20:15 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Material bekas pasar darurat Klewer di Alun-alun Utara (Alut) Keraton Solo mulai dipreteli Pemkot, Sabtu (3/11/2018). Bahan bangunan berupa baja ringan tersebut digunakan untuk membangun pasar darurat bagi pedagang Pasar Legi Solo.

Berdasarkan pantauan solopos.com, Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo memimpin pembongkaran rangka baja ringan sisi timur pasar darurat di Alut.

Didampingi sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Wali Kota ikut mengusung rangka baja ringan hingga menata di truk milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dikerahkan untuk membantu pembongkaran material bangunan.

Bangunan pasar darurat Klewer tersebut telah mangkrak sejak setahun lalu. Pemkot beberapa kali melelang bekas bangunan pasar darurat itu, namun selalu gagal lantaran tak diminati kontraktor.

Hadi Rudyatmo mengatakan bekas material baja ringan pasar darurat Klewer akan dibangun di halaman parkir depan masjid Pasar Legi. Setidaknya ada tiga blok bekas bangunan pasar darurat Klewer yang akan digunakan untuk pembangunan tersebut.

“Bekas bangunan darurat Klewer ini lebih efektif kita gunakan untuk pedagang Pasar Legi,” katanya di sela pembongkaran bangunan pasar darurat Klewer.

Pemkot, menurutnya, tinggal memindahkan seluruh bahan bangunan yang ada. Dia juga mengklaim cara itu lebih efisien dari sisi anggaran dan efektif dalam menyelesaikan pembangunan pasar darurat Pasar Legi.

Sesuai rencana, bangunan pasar darurat Klewer diperuntukkan bagi pedagang los Pasar Legi. Jika melihat kapasitas bangunan, diperkirakan dapat menampung 500 hingga 600 pedagang dari total 1.448 pedagang.

“Sisanya nanti akan kita sediakan di lokasi lain. Pembagian biar nanti diurusi Dinas Perdagangan dengan paguyuban,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo Subagiyo mengatakan pembangunan pasar darurat terus dikebut Pemkot. Pemasangan 100 buah tenda bantuan Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah dipasang di pelataran parkir Pasar Legi sisi utara.

Selain itu pelataran parkir juga akan digunakan untuk membangun pasar darurat dengan menggunakan material baja ringan bekas digunakan pedagang Pasar Klewer.

“Bekas material pasar darurat Klewer akan digunakan untuk pedagang los Pasar Legi. Sedangkan tenda pedagang pelataran,” katanya.

Untuk pemilik kios Pasar Legi, Pemkot tengah menyiapkan pembangunan di sejumlah ruas jalan di sekitar pasar. Di antaranya Jalan Sabang, Jalan Lumban Tobing, dan lainnya.