UT Surakarta Disebut Kampus Zaman Now, Ini Alasannya

Universitas Terbuka Surakarta. (Ut.ac.id)
07 November 2018 18:10 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Universitas Terbuka (UT) Surakarta merupakan universitas yang bisa dijuluki sebagai Kampus Zaman Now. Hal itu disebabkan UT Surakarta sangat memaksimalkan teknologi dalam sistem pendidikannya.

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, menjelaskan sistem perkuliahan di UT Surakarta yang berbasis online juga mendukung Revolusi Industri 4.0 yang menuntut semua orang harus melek teknologi.

“Sekarang kan kita berada pada era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan dua hal, pertama online kedua digital. Kita sudah punya riwayat yang panjang yang dituntut oleh Revolusi Industri 4.0, yaitu melalui perkuliahan online dan bahan ajar kita sudah digital,” ungkap Yulia kepada Solopos.com.

Yulia memastikan seluruh mahasiswa UT Surakarta bukanlah orang yang gagap teknologi (gaptek). Karena sejak bangku SD hingga SMA belum pernah diberikan pelajaran secara online, maka mahasiswa di UT Surakarta akan diajari memaksimalkan teknologi dalam perkuliahan.

“Saat orientasi mahasiswa baru, kami menyelengarakan pelatihan keterampilan belajar mandiri, jadi di situ mahasiswa dikenalkan dengan segala sesuatu online-nya UT secara langsung. Para mahasiswa harus datang, di situ harus dilatih. Pelatihannya mereka bisa memakai smartphone, enggak perlu buka laptop. Jadi benar-benar kita memaksimalkan teknologi,” tutur direktur UT Surakarta tersebut.

Bukan hanya itu, UT bahkan kini sedang mengembangkan teknologi yang semakin memudahkan mahasiswanya untuk menjalani ujian di mana saja. Bahkan mahasiswa nantinya bisa mengikuti ujian di rumah mereka.

Teknologi tersebut bahkan bisa mendeteksi kecurangan yang dilakukan mahasiswa. Jadi, mahasiswa tetap menjalani ujian sesuai peraturan, termasuk tak bisa menyontek, meski lokasi ujiannya dibebaskan.

Namun teknologi tersebut masih dalam tahap uji coba. Yulia mengungkapkan teknologi yang rencananya diterapkan untuk sistem ujian di UT itu masih diuji coba untuk mahasiswa UT di Jepang dan Amerika Serikat (AS).

Dengan beragam sistem perkuliahan yang maju di UT Surakarta, maka pantas jika UT Surakarta dijuluki sebagai Kampus Zaman Now. Tentu pemaksimalan teknologi di UT Surakarta itu semakin memudahkan mahasiswa mengenyam pendidikan tinggi di mana pun berada.