44 ASN Klaten Ikuti Bimbingan Teknis di Jogja

ASN Pemkab Klaten mengikuti bintek penyusunan SOP administrasi pemerintahan di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri Regional Jogja, Jl. Melati Kulon No.1, Baciro, Kota Jogja. Daerah Istimewa Yogyakarta. (DIY), Senin-Rabu (5-7/11 - 2018). (Istimewa)
09 November 2018 01:00 WIB Ginanjar Saputra Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 44 aparatur sipil negara (ASN) atau yang juga kerap disebut pegawai negeri sipil (PNS) dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klaten mengikuti bimbingan teknis (bintek) di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Jogja, Jl. Melati Kulon No.1, Baciro, Kota Jogja. Daerah Istimewa Yogyakarta. (DIY).

ASN dari Pemkab Klaten itu mengikuti bintek tentang penyusunan standar operasional prosedur (SOP) administrasi pemerintahan selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (5-7/11/2018).

Kepala PPSDM Kemendagri Regional Jogja, Suroyo, berkesempatan memberikan sambutan pada pembukaan bintek penyusunan SOP administrasi pemerintahan yang digelar bersama pembukaan pendidikan dan pelatihan (diklat) audit investigasi angkatan II yang diikuti ASN dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia serta diklat pengadaan barang jasa pemerintah tingkat dasar dan sertifikasi angkatan II.

Dalam sambutannya, Suroyo mengungkapkan bintek penyusunan SOP administrasi pemerintahan akan membuat ASN mampu membuat SOP yang berfungsi sebagai pedoman dalam menjalankan organisasi pemerintah daerah.

Selain itu, lanjutnya, bintek tersebut juga bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memperkecil tingkat kesalahan, sehingga SOP benar-benar dapat menjadi acuan dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Pada bintek penyusunan SOP administrasi pemerintahan, lanjutnya, para peserta mendapatkan bimbingan dari beberapa widyaiswara, antara lain Satya Aryandaru dengan materi Manfaat SOP Administrasi Pemerintahan Terhadap Pelayanan Publik dan Andri Tri Kuncoro dengan materi Jenis, Format, Dokumen dan Teknik Penyusunan SOP Administrasi Pemerintahan.

Sedangkan Suroyo sebagai Kepala PPSDM Kemendagri Regional Jogja memberikan materi Wawasan Kebangsaan. Materi Dinamika Kelompok serta materi Praktik Penyusunan SOP Administrasi Pemerintahan disampaikan Dwi Hanggoro.

Bintek penyusunan SOP administrasi pemerintahan itu juga dihadiri langsung Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Klaten, Surti Hartini.

Setelah tiga hari mengikuti bimbingan teknis Penyusunan SOP Administrasi Pemerintahan, 44 ASN Pemkab Klaten itu mendapatkan sertifikat dari PPSDM Kemendagri Regional Jogja yang ditandatangani Suroyo selaku Kepala PPSDM Kemendagri Regional Jogja. Penyerahan sertifikat itu dilakukan pada upacara penutupan bintek Penyusunan SOP Administrasi Pemerintahan bagi ASN Pemkab Klaten, Rabu (7/11/2018) dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.