32 Atlet Klaten Siap Tanding di Paralympic Jateng III

Bupati Klaten Sri Mulyani (tengah) di Merap Resto, Kabupaten Klaen, Jumat (9/11/2018), melepas atlet NPC Klaten yang akan bertanding di Paralympic Jateng III di Kota Solo, Jateng, Selasa hingga Jumat (13-16/11 - 2018). (Istimewa)
09 November 2018 18:15 WIB Ginanjar Saputra Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 32 atlet National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Klaten dipastikan siap mengikuti Pekan Paralympic Jawa Tengah (Jateng) III di Kota Solo, Jateng, Selasa-Jumat (13-16/11/2018). Pada ajang olahraga empat tahunan tersebut, atlet NPC Klaten akan turun pada tujuh cabang olahraga (cabor) dari 12 cabor yang dipertandingkan.

Hal itu disampaikan Ketua NPC Kabupaten Klaten, Sri Mulyo pada acara pelepasan atlet NPC Klaten di Merapi Resto, Kabupaten Klaten, Jateng, Jumat (9/11/2018).  Sri Mulyo mengatakan tujuh cabor yang akan diikuti atet NPC Klaten pada ajang tersebut adalah atletik, panahan, tenis meja, renang, bulu tangkis, catur tunanetra, dan goalball.

Di acara pelepasan itu, seluruh atlet dan ofisial NPC Klaten tak lupa memohon doa restu kepada Bupati Klaten, Sri Mulyani, beserta jajaran pejabat dan masyarakat Klaten agar dapat memperbaiki peringkat yang telah diraih pada Paralympic Jateng II, 2014 silam. Kala itu, kontingen Klaten menduduki peringkat ke-8 dengan 12 medali emas, 23 medali perak, dan 22 medali perunggu.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani, dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada para atlet NPC Klaten yang terpilih mengikuti Paralympic Jateng III di Kota Solo. Ia pun menggantungkan harapan besar agar para atlet NPC Klaten mampu meraih prestasi di Paralympic Jateng III.

Perempuan 41 tahun itu juga berpesan kepada seluruh atlet dan ofisial NPC Klaten untuk menjaga kondisi kesehatan sehingga mampu bertanding secara maksimal. Ke depan, lanjut Sri Mulyani, Pemkab Klaten akan terus berupaya memberikan dukungan kepada NPC Klaten melalui APBD Kabupaten Klaten sehingga pembinaan atlet NPC Klaten dapat dilakukan secara baik.

Sri Mulyani menyatakan atlet NPC Klaten yang akan bertanding pada Paralympic Jateng III di Solo merupakan insan luar biasa. Dengan kekurangan dan keterbatasan fisik, mereka justru memiliki kelebihan dengan menjadi wakil Kabupaten Klaten di ajang Paralympic Jateng III.

Selain memberikan sambutannya, Bupati Klaten tersebut juga melepas langsung para atlet NPC Klaten yang akan bertanding pada Pekan Paralympic Jateng III. Pada pelepasan atlet itu, Sri Mulyani didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Klaten, Otto Saksono, Asisten II Sekda Klaten, Purwanto, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Klaten, Amin Mustofa, dan Staf Ahli Bupati Klaten, Wahyu Prasetyo dan Joko Wiyono.

Pelepasan atlet NPC Klaten yang akan Pekan Paralympic Provinsi Jateng III di Solo ditandai dengan pemasangan topi oleh Bupati Klaten terhadap beberapa atlet, yaitu Sri Mulyo, Tutik Yuniarti, Jaka Sriyana, dan Mislon.

Pada kesempatan tersebut, Sri Mulyani juga menyerahkan tali asih dari Pemkab Klaten kepada atlet berprestasi atas nama Tutik Yuniarti yang mampu meraih medali perak pada SEA Games 2017 di Malaysia.

Pelepasan atlet Kabupaten Klaten yang akan mengikuti Paralympic Jateng III itu juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten, Pantoro, serta sejumlah pejabat dan staf Disparbudpora Klaten.