Hujan Deras di Solo Sore Tadi Picu Genangan dan Tumbangkan Pohon

Hujan deras mengguyur Jl. Ir. Juanda, Pucangsawit, Jebres, Solo, Sabtu (10/11 - 2018) sore. (Solopos/Irawan Sapto Adhi)
10 November 2018 19:45 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Hujan deras mengguyur Kota Solo dan sekitarnya pada Sabtu (10/11/2018) sore. Hujan itu terpantau membuat sejumlah ruas jalan di Kota Bengawan menjadi tergenang.

Genangan air di beberapa ruas jalan bahkan tampak cukup tinggi hingga sebetis. Sebut saja di Jl. Ir. Juanda, wilayah Kelurahan Jagalan dan Kelurahan Pucangsawit. Berdasarkan pantauan solopos.com, genangan di Jl. Ir. Juanda mengakibatkan beberapa kendaraan baik sepeda motor maupun mobil mogok.

Kendaraan yang mogok antara lain terpantau ada di barat perempatan Jagalan, deket SPBU Pucangsawit, dan dekat jembatan lingkar Jurug arah Karangaanyar.

Kendaraan sepeda motor yang mogok tampak dituntun sang pemiliknya. Sementara mobil yang mogok tampak masih dibiarkan terparkir di badan jalan seperti di dekat jembatan Jurug. Saking derasnya hujan, beberapa pengendara juga memilih untuk menepi.

Mereka tidak mau mengambil risiko berkendara di tengah-tengah guyuran hujan lebat yang baru kali ini terjadi untuk periode tahun 2018. Salah seorang pengendara yang memilih menepi adalah Yuanita Santi Hendrawan, 32.

Perempuan asal Ngringo, Jaten, Karanganyar, itu tak mau gegabah untuk tetap mengendarai sepeda motornya menembus hujan deras di wilayah Pucangsawit. Dia menepi di depan toko retail modern yang berada di Jl. Ir. Juanda. 

"Saya enggak berani lanjut, hujannya besar sekali. Tunggu reda saja. Soalnya jalannya enggak terlalu kelihatan kalau hujan seperti ini. Takut kenapa-napa," jelas Yuanita saat ditemui solopos.com di Jl. Ir. Juanda, Sabtu.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Solo, Eko Prajudhy Noor Aly, mengatakan hujan lebat yang terjadi pada Sabtu sore mengakibatkan sebuah pohon di Jl. Honggowongso, selatan Sami Luwes tumbang. Tumbangnya pohon itu cukup menganggu arus lalu lintas. Eko mengatakan personel BPBD cukup kesulitan mengevakuasi pohon karena berada dekat dengan kabel listrik milik PLN.

"Ini sekarang kami sedang evakuasi pohon tumbang yang ganggu pengguna jalan. Lokasinya di Jl. Honggowongso selatan Sami Luwes. Evakuasi terganggu karena ada jaringan listrik. PLN sudah kami hubungi tapi belum merespons," kata Eko, Sabtu pukul 18.27 WIB.