Objek Wisata Baru Boyolali Aquatik Dilengkapi Ikan Sungai Amazon

Salah satu ruangan Boyolali Aquatik di Tlatar, Boyolali Kota, yang masih proses pembangunan, Jumat (9/11 - 2018). (Istimewa/Pemkab Boyolali)
10 November 2018 08:15 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Pemkab Boyolali kini tengah membangun taman akuarium/kolam ikan raksasa di kawasan wisata Tlatar, Boyolali. Tempat wisata edukasi bernama Boyolali Aquatik ini akan dilengkapi ikan Arapaima Gigas.

Ikan ini adalah ikan air tawar dari perairan daerah tropis Amerika Selatan yaitu Sungai Amazon. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali Juwaris mengatakan selain Arapaima Gigas, Boyolali Aquatik juga akan diisi berbagai jenis ikan hias.

“Selain akan diisi dengan berbagai ikan hias, kami juga membeli Arapaima Gigas,” ujarnya saat ditemui wartawan beberapa waktu lalu di Boyolali.

Boyolali Aquatik dibangun di lokasi yang sebelumnya merupakan kolam atau bak induk/calon induk, pemijahan, dan pendederan Balai Benih Ikan (BBI).

“Itu sebenarnya kolam kemudian kami tambahkan kolam hias indukan. Kami maksudkan karena potensi outbond dan edukasi anak-anak sekolah sehingga didesain akuariaum itu terbuka untuk anak sekolah untuk menggairahkan kunjungan,” terangnya.

Boyolali Aquatik dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp1,3 miliar. Dana ini juga untuk pembangunan kolam di Desa Metuk, Kecamatan Mojosongo.

Pembuatan akuarium dan pembelian ikan untuk Boyolali Aquatik menggunakan APBD Perubahan 2018 senilai Rp280 juta. Boyolali Aquatik akan selesai dan diresmikan bertepatan pada momentum Hari Ikan Nasional (Harkannas) di Boyolali pada Sabtu-Minggu (24-25/11/2018) mendatang.

Pengelolaan Boyolali Aquatik bekerja sama dengan pengelola Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas di Purbalingga.