Soloraya
Selasa, 19 Maret 2024 - 20:15 WIB

Lantik 7 Pejabat Eselon II Hasil Seleksi, Bupati Klaten: Jabatan Bukan Hadiah

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, melantik puluhan pejabat termasuk tujuh pejabat eselon II hasil seleksi di Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (19/3/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Bupati Klaten Sri Mulyani melantik tujuh pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon II bersama puluhan pejabat lainnya di Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (19/3/2024) siang.

Sebelumnya, pengisian tujuh jabatan tersebut telah melalui proses seleksi terbuka oleh panitia seleksi yang terdiri dari unsur pemerintah daerah serta akademisi. Seleksi terdiri dari beberapa tahapan. Setelah turun rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Bupati melantik ketujuh pejabat tersebut.

Advertisement

Ketujuh pejabat itu, pertama, Slamet yang sebelumnya Kabag Pemerintahan dilantik menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. Kedua, Fadzar Indriawan yang sebelumnya sebagai Kabag Pengadaan Barang dan Jasa dilantik jadi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah.

Ketiga, Anggit Budiarto yang sebelumnya Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) dilantik jadi Kepala Dinkes Klaten. Keempat, Muh Anwar Shodiq yang sebelumnya Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim) dilantik jadi Kepala Disperakim.

Advertisement

Ketiga, Anggit Budiarto yang sebelumnya Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) dilantik jadi Kepala Dinkes Klaten. Keempat, Muh Anwar Shodiq yang sebelumnya Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim) dilantik jadi Kepala Disperakim.

Kelima, Puspo Enggar Hastuti yang sebelumnya Camat Prambanan dilantik jadi Kepala Dissos P3APPKB Klaten. Keenam, Aris Pramana yang sebelumnya Sekretaris Dinas Komnikasi dan Informatika (Diskominfo) dilantik jadi Kepala Diskominfo.

Ketujuh, Sri Purwanto yang sebelumnya Kabag Pembangunan dilantik jadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Advertisement

Jabatan Bukan Hadiah

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan jabatan bukan hadiah dari pemerintah, tetapi tanggung jawab dan kepercayaan negara yang diberikan ke para pejabat yang dilantik. Lantaran hal itu, Mulyani meminta para pejabat yang dilantik menjawab kepercayaan itu dengan kerja keras, kerja jujur, dan kerja amanah.

Mulyani juga mengingatkan rotasi dan mutasi jabatan, regenerasi, dan penataan ulang struktur organisasi dalam birokrasi pemerintahan merupakan bagian dari dinamika pemerintahan.

“Tidak ada jabatan yang langgeng. Tidak ada kekuasaan yang tak berbatas. Maka jangan jadikan jabatan itu tujuan hidup agar kita tidak lalai dalam hakikat kehadiran kita di muka bumi,” kata Mulyani.

Advertisement

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Agus Setyawan Prasetyoko, mengatakan total pejabat yang dilantik hari itu ada 92 orang termasuk tujuh pejabat pimpinan tinggi pratama.

Dia menjelaskan tahapan pengisian tujuh jabatan eselon II yang sebelumnya kosong itu sudah melalui seleksi terbuka dan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Agus juga menjelaskan pelantikan itu sekaligus sebagai pengukuhan kembali lantaran ada perubahan susunan organisasi tata kerja dan nomenklatur pada sejumlah OPD.

Advertisement

“Terdapat perubahan SOTK dan nomenklatur pada Bappeda Litbang menjadi Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah dengan sembilan pejabat. Selain itu ada perubahan SOTK pada UPT di bawah DKPP [Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian] dengan tujuh pejabat,” kata Agus.

Pada kesempatan yang sama siang itu, sebanyak 11 kepala SMP juga dilantik serta dilakukan pula penyerahan SK penunjukan koordinator wilayah bidang pendidikan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif