Tol Sragen-Ngawi Segera Dibuka Gratis!

Pejabat Humas PT Waskita Karya Soker 1B, Eko Jayanto, berdiri di ruas jalan tol Sragen-Ngawi, Km 538, Paldaplang, Ngrampal, Sragen, Selasa (13/11 - 2018). (Istimewa/Eko Jayanto)
13 November 2018 15:15 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Ruas tol Sragen-Ngawi sepanjang 56 km sudah siap dioperasikan. Jalur penghubung Solo-Kertosono (Soker) tersebut akan dibuka tanpa tarif alias gratis dalam waktu dekat.

Solo-Surabaya sudah terhubung dan bisa ditempuh dalam waktu 3-4 jam atau hemat 2 jam daripada lewat jalur arteri.

Pejabat Humas PT Waskita Karya Soker IB, Eko Jayanto, kepada Solopos.com, Selasa (13/11/2018), menyampaikan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang penetapan jalan tol dan tarif segmen Sragen-Ngawi sudah terbit.

Eko mengatakan rencananya dilakukan sosialisasi pengoperasian jalan tol tersebut tanpa tarif dalam waktu dekat. Sosialisasi pengoperasian jalan tol tanpa tarif itu kemungkinan dilakukan hingga ada keputusan adanya tarif tol untuk ruas Sragen-Ngawi.

“Saat liburan Natal dan Tahun Baru nanti, jalan tol Sragen-Ngawi sudah bisa dilewati. Panjangnya sekitar 56 km. Total Ngasem-Ngawi itu 117 km. Jadi setelah Sragen-Ngawi dibuka nanti sudah tersambung sampai Wilayangan, Kertosono, dan Surabaya. Nanti waktu tempuh Solo-Surabaya hanya 3-4 jam daripada lewat arteri sampai 5-6 jam atau memangkas waktu 2 jam,” ujar Eko.

Eko menyampaikan ke depan akan dibangun interchange baru di Sragen Timur, tepatnya di wilayah Sambungmacan, Sragen. Dia mengungkapkan SK untuk lahan sudah keluar tetapi penunjukan lokasi (penlok) belum keluar.

“Kemudian rest area Paldaplang akan dilebarkan juga,” ujarnya.

Direktur PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayanto membenarkan SK Menteri PUPR terkait operasional jalan tol Sragen-Ngawi sudah turun. Dia mengatakan untuk pembukaan operasional PT JSN baru mengirim surat ke Kementerian PUPR pada Selasa.

“Yang jelas untuk fisik sudah selesai semua. Nanti untuk sosialisasi operasional akan dilakukan lewat koran, radio, spanduk, dan seterusnya. Yang jelas untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2019 [tol Sragen-Ngawi] sudah bisa dilewati,” imbuhnya.