UT Surakarta Tertantang untuk Mempermudah Proses Belajar Mahasiswa

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati. (Solopos.com/Ginanjar Saputra)
14 November 2018 17:40 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Universitas Terbuka (UT) Surakarta dijuluki Kampus Zaman Now karena kemudahan akses belajarnya. Dengan perkuliahan online atau perkuliahan jarak jauh dengan memanfaatkan gadget, mahasiswa UT Surakarta bisa mendapatkan perkuliahan secara mudah di mana saja.

Untuk konsultasi saja, UT Surakarta sudah menerapkan konsultasi online. Diskusi antar-mahasiswa pun bisa dilakukan secara online melalui media sosial.

Perkuliahan dilakukan secara online juga dengan memanfaatkan gadget. Bahan ajar digital juga disediakan untuk mahasiswa yang dapat diakses melalui gadget yang mereka miliki. Manfaat besar gadget untuk peningkatan sumber daya manusia diwakili oleh slogan “Masa depan ada dalam genggaman”.

Meski demikian menurut Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, UT masih tertantang untuk semakin memudahkan mahasiswa belajar. “Tantangan kita ya untuk lebih memberikan banyak variasi fasilitas-fasilitas. Saat ini ujian sudah dilakukan secara online namun mahasiswa masih harus datang ke kampus untuk ujian. Saat ini kita sedang mengembangkan sistem ujian yang bisa diakses mahasiswa dimana pun mahasiswa berada” ungkapnya kepada Solopos.com.

Dengan fleksibilitas yang tinggi dalam mendapatkan perkuliahan berkualitas, UT Surakarta memang tampaknya semakin diminati masyarakat yang ingin mengenyam pendidikan tinggi. Yulia membeberkan total mahasiswa di UT Surakarta saat ini ada sekitar 6.200. “Total saat ini mahasiswa UT Surakarta ada sekitar 6.200 mahasiswa,” jelasnya.