DPRD Jateng Gelar Kampanye Germas di Trucuk Klaten

DPRD Provinsi Jateng Gelar Kampanye Germas di Jatipuro, Trucuk. (Istimewa/Humas Klaten)
15 November 2018 18:10 WIB Septina Arifiani Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang didukung Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jateng dan Dinkes Kabupaten Klaten, Selasa (13/11/2018) pagi, mengadakan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Gedung Sadewo Desa Jatipuro, Kecamatan Trucuk, Klaten. Sosialisasi Germas yang juga diisi pemeriksaan kesehatan gratis tersebut diikuti sekitar 200 warga.

Acara tersebut dihadiri Anggota Komisi E DPRD Jateng, Kadarwati, anggota DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo, pelaksana kampanye Germas Dinkes Provinsi Jateng, Moh Effi Havid, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Klaten, Cahyono Widodo , Camat Trucuk Bambang Haryoko serta sejumlah pejabat terkait. Pada acara sosialisasi gernas juga diisi acara makan buah bersama serta ceramah Germas oleh Camat Trucuk Bambang Haryoko dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Trucuk serta penandatanganan komitmen bersama untuk melaksanakan Germas.

Plt Kepala Dinkes Klaten, Cahyono Widodo MKes dalam sambutannya sebagaimana rilis yang diterima Solopos.com mengatakan, kampanye Germas meliputi enam kegiatan masing-masing aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, mengonsumsi buah dan sayur, cek kesehatan secara berkala dan secara rutin, menjaga kebersihan lingkungan, menjaga jamban sehat, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol. Program Germas dilatarbelakangi meningkatnya kejadian Penyakit Tidak Menular (PTM) yang membawa dampak merugikan warga antara lain naiknya pembiayaan pelayanan kesehatan yang ditanggung masyarakat atau pemerintah. Kemudian menurunnya produktivitas masyarakat dan menurunnya daya saing yang akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Maka dari itu, tegas dr Cahyono Widodo, perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat dan perbaikan lingkungan perlu terus dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa. Oleh sebab itu Germas menjadi pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Sementara itu Anggota DPRD Provinsi Jateng, Hj Kadarwati SH MH dalam sambutannya mengatakan, DPRD Jateng terus mendorong diadakan kampanye Germas. Karena pembangunan kesehatan pada hakekatnya upaya yang dilaksanakan semua komponen Bangsa Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Saat ini, kata Kadarwati, Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat PTM. Maka dari itu DPRD Jateng mendorong masyarakat terus melakukan Germas dalam kehidupan sehari-hari sehingga terwujud masyarakat yang sehat karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat yang menjadi modal untuk melaksanakan berbagai pembangunan di Indonesia.