Universitas Terbuka Surakarta Tak Batasi Usia, Siapa Saja Bisa Kuliah

Salah satu sudut Universitas Terbuka Surakarta di Jl. Raya Solo/Tawangmangu Km 9,5, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng. (Ut.ac.id)
16 November 2018 08:00 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Universitas Terbuka (UT) Surakarta di Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), memiliki slogan Making Higher Education Open to All atau Membuat Pendidikan Tinggi Terbuka Bagi Semua. Slogan itu benar-benar diterapkan dengan tidak adanya batasan ijazah dan batas usia untuk berkuliah di UT Surakarta.

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, menjelaskan untuk berkuliah di UT Surakarta hanya diperlukan minimal ijazah jenjang SLTA dan yang sederajat, termasuk Paket C. Misalnya, jika ingin mengambil program sarjana atau diploma, maka calon mahasiswa harus memiliki minimal ijazah SMA atau sederajat, dan untuk Pendidikan Guru ditambah pengalaman mengajar minimal satu tahun.

Namun demikian, UT Surakarta tak membatasi usia mahasiswa atau usia ijazah yang dimiliki. "Jadi, di UT itu tidak ada batasan usia dan tidak ada batasan tahun ijazah," jelas Yulia Budiwati.

Bahkan, di Universitas Terbuka, ada wisudawan untuk jenjang sarjana yang usianya lebih dari 70 tahun. "Lulusan kita itu ada yang usianya lebih dari 70 tahun saat wisuda untuk jenjang sarjana. Karena dia itu dulu BA, terus pengin kuliah sarjana, jadi anaknya sudah sarjana dia juga kuliah sarjana," beber direktur UT Surakarta tersebut.

Yulia menegaskan siapa pun dan di mana pun, semua orang bisa berkuliah di UT Surakata. "Kita punya banyak slogan, salah satunya Siapa pun Bisa Kuliah. Siapa pun dan di mana pun anda, kuliahnya di UT. Karena untuk kuliah di UT tidak ada batasan usia, tahun ijazah, belajarnya bisa dimana saja dan kapan saja karena menggunakan online," tandasnya.