Hujan Disertai Angin Tumbangkan Pohon dan Tiang PJU Dekat Setda Karanganyar

Angin kencang menumbangkan pohon, tiang lampu, dan karangan bunga di dekat kompleks Setda Karanganyar, Senin (19/11 - 2018). (Solopos/Ponco Suseno)
19 November 2018 20:15 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Hujan deras disertai angin kencang menerjang kawasan Karanganyar Kota, Senin (19/11/2018). Embusan angin mampu menumbangkan pohon dan tiang lampu penerangan jalan di timur kompleks Setda Karanganyar.

Berdasarkan pantauan solopos.com, kawasan Karanganyar kota sejak Senin siang diselimuti awan mendung. Sekitar pukul 15.30 WIB, turun hujan deras disertai angin kencang. Angin berembus dari sebelah selatan ke utara.

Akibat angin kencang tersebut, cabang pohon berukuran relatif besar di samping Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Karanganyar tumbang.

Lokasi tersebut persis berada di sebelah timur kompleks Setda Karanganyar. Pelepah pohon palem di depan kantor BKSDM Karanganyar juga turut tumbang. Saat tumbang, pelepah pohon itu mengenai kabel dan tiang lampu penerangan jalan.

Saat roboh, posisi tiang lampu penerangan jalan melintang di jalan depan kantor BKSDM Karanganyar. Alhasil, lalu lintas di sekitar lokasi kejadian ditutup sementara waktu.

Tak berselang lama, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar mendatangi lokasi kejadian. Tim BPBD Karanganyar memotong pohon dan membersihkan cabang pohon yang tumbang ke tengah jalan.

“Prinsipnya, begitu memperoleh laporan kami langsung datangi lokasi kejadian. Sampai saat ini, kami belum mendata terkait laporan masuk tentang angin kencang di Karanganyar,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko, saat ditemui di depan kantor BKSDM Karanganyar, Senin.

Selain menumbangkan pohon dan tiang lampu penerangan jalan, angin kencang yang melanda kawasan Karanganyar kota juga memorak-porandakan karangan bunga ucapan selamat HUT ke-101 Kabupaten Karanganyar di depan kompleks Setda Karanganyar.

“Di sekitar kompleks Setda Karanganyar ini baru sekali ini terjadi angin besar. Untungnya hujan segera reda. Situasi juga kembali normal sehingga tak ada korban jiwa,” kata salah seorang pegawai di kompleks Setda Karanganyar, Adit.