Ini Jurusan Idaman di UT Surakarta

Gedung UPBJJ/UT Surakarta di Jl. Raya Solo/Tawangmangu Km 9,5, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng. (Solopos.com/Ginanjar Saputra)
21 November 2018 22:40 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Universitas Terbuka (UT) Surakarta di Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng) memiliki 2 program studi (prodi) jenjang diploma, 35 prodi jenjang sarjana, dan 6 prodi jenjang magister. Di antara prodi-prodi itu, ada beberapa prodi yang banyak diminati masyarakat.

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, mengungkapkan prodi untuk jenjang sarjana yang jumlah mahasiswanya banyak adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) yang ada di bawah pengelolaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

"Mahasiswa terbanyak ada di FKIP, yaitu PGSD [Pendidikan Guru Sekolah Dasar] dan PG-PAUD [Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini]," ujar sang direktur UT Surakarta. Hal ini dikarenakan dengan kuliah di UT, para guru dapat kuliah disamping tetap mengajar.

Prodi lainnya yang banyak mahasiswanya adalah Manajemen, Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Komunikasi. "Kalau prodi yang banyak mahasiswanya itu ada Manajemen, Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Komunikasi," tutur Yulia saat berbincang bersama Solopos.com.

Belakangan hari ini, Prodi Ilmu Hukum di UT Surakarta juga sedang naik daun. Padahal, lanjut Yulia, Prodi Ilmu Hukum adalah Prodi baru di UT Surakarta.

Bukan hanya itu, Prodi Ilmu Perpustakaan di UT Surakarta juga sempat menjadi primadona. "Beberapa tahun yang lalu sempat ada yang naik daun juga ketika pemerintah mencanangkan setiap sekolah dan instansi harus memiliki pustakawan, Prodi Ilmu Perpustakaan cukup banyak mahasiswanya," ungkap Yulia.

Meski ada beberapa prodi yang menjadi primadona, salah satu perguruan tinggi negeri di wilayah eks-keresidenan Surakarta itu memiliki prodi lain yang juga sangat berkualitas. Prodi-prodi di UT Surakarta telah terakreditasi A dan B.

Bahkan, kualitas prodi di UT Surakarta selalu terjamin karena prodi-prodi tersebut setiap 5 tahun diases oleh asesor BAN-PT, setiap empat tahun di-review oleh International Council for Open and Distance Education (ICDE), dan setiap tahun diaudit oleh lembaga auditor yang kredibel.