Tiap Semester Penerima Bidikmisi di UT Surakarta Dapat Pelatihan

Motivator asal Jakarta, Agustian Budi Prasetyo (berdiri), memberikan pelatihan kepada mahasiswa penerima beasiswa beasiswa Bidikmisi dan CSR UT Surakarta, Rabu (21/11 - 2018). (Insetyonoto)
22 November 2018 18:40 WIB Insetyonoto Solo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO – Mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dan corporate social responsibility (CSR) di Universitas Terbuka (UT) Surakarta mendapat pelatihan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan setiap semester.

Salah satu pelatihan digelar Rabu (21/11/2018) di lantai II Kampus UT Surakarta di Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Mojoloban, Sukoharjo, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut diikuti 137 mahasiswa.

Acara pelatihan berlangsung dalam dua sesi, yakni pagi hari yang diikuti 90 mahasiswa dan siang hari diikuti 47 mahasiswa. Acara dibuka Direktur UT Surakarta Yulia Budiwati. Para mahasiswa mendapatkan pelatihan dan motivasi dari motivator asal Jakarta, Agustian Budi Prasetyo.

Peserta pelatihan pada pagi hari adalah mahasiswa semester I Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) dengan materi pengenalan diri terkait kepemimpinan.

Pada siang hari, mahasiswa semester V dan VII Prodi Akuntansi FE dan Prodi Komunikasi FISIP mendaoat materi pelatihan pengembangan karier.

Yulia Budiwati mengatakan kegiatan pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para mahasiswa penerima Bidikmisi dan CSR di UT Surakarta sesuai bidang studi serta pengembangan diri.

“Bekal pelatihan dapat mendukung langkah mahasiswa setelah lulus kuliah,” katanya kepada Solopos.com seusai membuka pelatihan. Setiap semester para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dan CSR mendapatkan pelatihan dengan pembicara dari luar. Materi pelatihan antara lain belajar mandiri; kepemimpinan; wirausaha; jurnalistik; kemunikasi; dan pengembangan karier.

Yulia menambahkan jumlah mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi sebanyak 75 orang. Mereka penerima CSR dari BRI, BTN, dan Bank Mandiri. Mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi mendapatkan bantuan dana Rp1.750.000 dan uang saku Rp600.000 per semester selama delapan semester.

Sedangkan mahasiswa penerima CSR hanya mendapatkan bantuan dana Rp1.750.000 per semester selama delapan semester. “Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi antara lain prestasi akademik ranking I-X sekolah [SMA/SMK/MA sederajat] serta kondisi sosial ekonomi tidak mampu atau keluarga miskin [gakin],” ujarnya.