Begini Cita-Cita Mulia Direktur UT Surakarta

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati. (Solopos.com/Ginanjar Saputra)
23 November 2018 12:00 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO Universitas Terbuka (UT) Surakarta di Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Sapen, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng) dipimpin seorang perempuan yang memiliki cita-cita mulia, yaitu Yulia Budiwati. Perempuan kelahiran Solo, 16 Juli 1963 itu bercita-cita ingin membuat pendidikan tinggi menjadi kebutuhan masyarakat.

Menurut Yulia, pendidikan tinggi memang seharusnya sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Dengan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi di Indonesia yang baru mencapai 31,5%, sudah seharusnya semua bahu membahu meningkatkan APK tersebut.

Dengan memimpin UT Surakarta, ia ingin menjadikan UT Surakarta sebagai institusi pendidikan tinggi yang dibutuhkan masyarakat. "Cita-cita menjadikan UT, khusunya UT Surakata, menjadi kebutuhan masyarakat," ungkapnya kepada Solopos.com.

Menurutnya setiap tahun banyak sekali lulusan SMA yang tidak tertampung di perguruan tinggi atau oleh karena berbagai keterbatasan maka mereka tidak dapat mengakses pendidikan tinggi. UT hadir untuk menjadi solusi bagi permasalahan ini. Dengan sistem jarak jauh dan uang kuliah yang sangat terjangkau, UT Surakarta mampu mengakomodasinya.

Selain bercita-cita menjadikan UT Surakarta sebagai kebutuhan masyarakat, Yulia juga sebenarnya bercita-cita menjadi guru besar. Cita-cita itu tentu sangat wajar bagi Yulia yang telah lama menjadi dosen di UT Pusat.

"Kalau bicara karier, sebagai dosen sebenaranya harapan terbesar saya itu menjadi guru besar. Kalau dosen kan memang tujuannya ke sana [guru besar]," tandas direktur UT Surakarta tersebut.

Meski sangat ingin menjadi guru besar, keinginan terbesarnya adalah mamjukan pendidikan di wilayah Eks-Keresedianan Surakarta. "Namun apa pun cita-cita saya, keinginan saya satu, memajukan pendidikan, khususnya di wilayah Eks-Karesidenan Surakarta ini," Lanjutnya.

Kini, Yulia telah menegaskan diri menjadikan UT Surakarta menjadi perguruan tinggi terkemuka yang dibutuhkan masyarakat. Pasalnya, UT Surakarta merupakan perguruan tinggi yang terbuka bagi seluruh kalangan masyarakat.

Siapa pun bisa menjadi mahasiswa UT Surakarta asalkan memiliki ijazah SMA/sederajat, termasuk Paket C. Disamping itu, dengan sistem jarak jauh, UT Surakarta sangat memudahkan mahasiswanya dalam melaksanakan semua proses pendidikan.