Kuliah Sambi Kerja? UT Surakarta Jawabannya

Mahasiswa UT Surakarta saat mengikuti pelatihan kepemimpinan di Kampus UT Surakarta, Jl Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng, Rabu (21/11 - 2018). (Solopos.com/Ginanjar Saputra)
24 November 2018 22:10 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLOUniversitas Terbuka (UT) Surakarta memiliki misi membuat pendidikan tinggi bisa didapatkan semua orang. Di UT Surakarta, mahasiswa bisa berkuliah sembari bekerja sebagai apa saja.

Salah satu mahasiswa UT Surakarta Program Studi S-1 Akuntansi, Ayu Eka, 21, mengakui UT Surakarta sangat nyaman untuk berkuliah sembari bekerja. Ia bahkan sempat berkuliah di UT Surakarta sembari bekerja di pabrik garmen.

Kini, mahasiswa asal Sragen tersebut berkuliah sembari membuka usaha di rumahnya. "Dulu pernah sambil kerja di pabrik garmen. Di rumah bikin usaha kecil-kecilan, kuliahnya enggak terganggu jika disambi kerja," tuturnya saat ditemui Solopos.com di kampus UT Surakarta, Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (21/11/2018).

Sementara itu, salah satu mahasiswa lain yang juga berkuliah di jurusan yang sama, Ngatile, 21, mengungkapkan hal senada. Ia merasa kuliah di UT Surakarta sangat nyaman dan bisa dijalani sembari bekerja. "Enak sih bisa disambi kerja," ujarnya.

Kedua mahasiswa Program Studi S-1 Akuntansi itu mengakui kualitas pendidikan di UT Surakarta sangat bagus. Meski menerapkan pendidikan jarak jauh alias online, keduanya mengakui bisa menyerap ilmu yang disampaikan dengan baik.

Kedua mahasiswa UT Surakata tersebut juga merasa beruntung karena bisa mendapatkan beasiswa Bidik Misi. Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, mengungkapkan ada beberapa beasiswa yang bisa didapatkan mahasiswanya, termasuk Bidik Misi.