Maba UT Surakarta Diberi Pelatihan Kepemimpinan

Pelatihan kepemimpinan mahasiswa baru UT Surakarta di aula kampus UT Surakarta, Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Km9,5, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Karanganyar, Jateng, Rabu (21/11 - 2018). (Solopos.com/Ginanjar Saputra)
27 November 2018 07:00 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Mahasiswa baru di Universitas Terbuka (UT) Surakarta, khusunya penerima beasiswa Bidik Misi dan Corporate Social Responsibility (CSR) dari bank mitra UT Surakarta, diberi pelatihan kepemimpinan di aula kampus UT Surakarta, Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Km 9,5, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (21/11/2018).

Pelatihan kepemimpinan itu diberikan langsung narasumber yang merupakan dosen pascasarjana Universitas Indonesia (UI), Agustian Budi Prasetya. Dalam pelatihan tersebut, mahasiswa baru di UT Surakarta diajarkan cara menguasai diri. Menurut Agustian, mahasiswa sudah seharusnya mampu memimpin diri sendiri sebelum memimpin orang lain.

Ia memberi contoh pemimpin yang baik adalah seperti Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati. "Lihat itu Ibu Yulia, seorang pemimpin yang benar-benar mampu memimpin. Semuanya di UT Surakata beliau bisa mengelola," ujar pria yang juga merupakan pendidi Yayasan Warna-Warni Indonesia tersebut.

Pelatihan kepemimpinan mahasiswa baru UT Surakarta di aula kampus UT Surakarta, Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Km9,5, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Karanganyar, Jateng, Rabu (21/11/2018). (Solopos.com-Ginanjar Saputra)

Agustian menjelaskan tujuan pemberian pelatiha kepemimpinan itu adalah membuat para mahasiswa baru UT Surakarta bisa memimpin dan mampu menggali potensi diri.

"Tujuannya transfer pengetahuan dan keterampilan khusunya untuk mahasiswa mahasiswi UT tingkat pertama agar mereka memiliki bayangan, di UT itu akan seperti apa dan agar bisa memimpin diri sendiri dan bisa menggali potensi diri secara pribadi atau kelompok," ujar Agustian kepada Solopos.com seusai acara.

Sementara itu, Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati menjelaskan pelatihan kepemimpinan itu memang diberikan untuk mahasiswa tingkat awal agar nantinya mampu mengikuti perkuliahan di UT Surakarta secara baik. Dengan sistem kuliah jarak jauh, maka mahasiswa diharapkan mampu memimpin diri sendiri dalam mengikuti perkuliahan di UT Surakarta.