Soloraya
Selasa, 19 Maret 2024 - 12:24 WIB

Pura Mangkunegaran Bersolek Jadi Wisata Kelas Dunia, Padukan Budaya dan Kuliner

Redaksi Solopos.com  /  Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung menikmati suasana di dalam Pura Mangkunegaran Selasa (26/12/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Pura Mangkunegaran di Kota Solo, Jawa Tengah, tumbuh menjadi wisata kelas dunia yang memadukan berbagai unsur, yakni kebudayaan, sejarah, dan kuliner.

Berdasarkan publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, objek wisata satu ini telah meraih predikat sebagai salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan mancanegara yang mengunjungi Indonesia. Hal ini dibuktikan ketika gelaran Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Kota Solo. Peserta Piala Dunia U-17 2023 banyak mengunjungi wisata yang terletak di Kecamatan Banjarsari ini.

Advertisement

Tak hanya istana yang dipimpin oleh Mangkunagoro X tersebut, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo juga menjadi magnet para peserta Piala Dunia U-17 2023.

Menjadi wisata kelas dunia, di Pura Mangkunegaran Solo, pengunjung dapat menikmati koleksi benda-benda bersejarah yang telah terkumpul sejak tahun 1926 di area museum. Di samping itu, sebagai pusat kegiatan kesenian, Pura Mangkunegaran menggelar latihan Tari Gaya Mangkunegaran setiap hari Rabu, serta latihan karawitan setiap hari Sabtu. Kemudian, yang terbaru dari Pura Mangkunegaran adalah Pracima Tuin.

KGPAA Mangkunegara X memberikan sambutan pada soft opening Taman Pracima atau Pracima Tuin, Solo, Sabtu (21/1/2023). (Solopos.com/Putut Hartanto)

Advertisement

Pracima Tuin menghadirkan pengalaman makan dengan nuansa kerajaan Jawa, terutama budaya yang ada di Pura Mangkunegaran. Terdiri dari dua bagian utama, yakni restoran Pracimasana dan taman dengan elemen air mancur, tanaman, dan kolam, Pracima Tuin menyuguhkan pengalaman menarik bagi pengunjungnya.

Segala suasana, arsitektur, hingga menu makanan di Pracima Tuin disesuaikan dengan keunikan Puro Mangkunegaran. Bahkan, seluruh hidangan yang disajikan di Pracimasana telah melalui uji coba dan mendapat persetujuan langsung dari Mangkunagoro X.

Salah satu wisata favorit di Jawa Tengah ini juga berkomitmen untuk melestarikan kebudayaan. Bahkan, Pura Mangkunegaran mempunyai keinginan untuk menjadi pusat kebudayaan Jawa. Beberapa event kerap digelar di objek wisata satu ini. Beberapa di antaranya, Solo Keroncong Festival 2022, Festival Payung Indonesia (Fespin) 2022 hingga Solo Batik Music Festival yang digelar di Pamedan Mangkunegaran.

Advertisement

Bahkan, Pura Mangkunegaran juga telah mengenalkan budaya Jawa ke luar negeri lewat kegiatan bertajuk Kemantren Langenpraja International Roadshow 2022 di Autralia, Malaysia, dan Thailand pada September. Di acara tersebut ditampilkan tarian khas Mangkunegaran seperti Beksan Gambyong Pareanom dan Beksan Bondoyudho.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif